Iklan
jump to navigation

Hilang / Rusak Bukan Tanggung Jawab Kami… Lah Terus Tanggung Jawab Siapa? Juni 23, 2015

Posted by singindo in Hukum.
Tags: , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , ,
trackback

Karcis Parkir

Selamat pagi Mas bro dan Mbak sis…

Tentunya Mas bro pernah dong baca salah satu klausula baku mengenai perparkiran sesuai judul diatas?

Kalau belum pernah coba deh lihat karcis parkir yang sedang dipegang sekarang. Nah kebanyakan pengelola parkir mencantumkan salah satu klausula baku yaitu:

Segala Kehilangan / Kerusakan Atas Kendaraan yang Diparkir dan Barang-Barang Didalamnya Adalah Resiko Pemilik Sendiri

Ini adalah klausula baku favorit pengelola parkir. Biasanya klausula baku diselipin di antara banyaknya point-point ketentuan parkir.

Malahan ada yang terang-terangan point klausula baku nya cuma satu seperti beberapa contoh dibawah ini:

Karcis Parkir 2

Hilang / Rusak bukan tanggungan kami

Karcis Parkir

Kehilangan dan Kerusakan Bukan Tanggung Jawab Kami

Kita sebagai pengguna parkir lantas bertanya-tanya dong…

Lalu kita bayar parkir untuk apa kalau kehilangan atau kerusakan atas kendaraan yang diparkir dan barang-barang didalamnya adalah resiko kita sendiri selaku pemilik kendaraan?

Dari kebuntuan itu Singindo pun mencoba untuk mencari jawaban. Dari hasil pencarian tersebut didapat beberapa point penting diantaranya adalah:

  1. Berdasarkan Pasal 18 ayat (1) UU No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (“UUPK”) pencantuman klausula baku oleh pelaku usaha yang menyatakan pengalihan tanggung jawab pelaku usaha adalah dilarang.
  2. Berdasarkan Pasal 18 ayat (3) UUPK klausula tersebut dinyatakan batal demi hukum.

Dalam hal hilangnya kendaraan milik konsumen, pemilik tempat parkir tidak bisa melepaskan tanggung jawab begitu saja. Pemilik tempat parkir dapat digugat secara perdata karena Perbuatan Melawan Hukum berdasarkan Pasal 1365, 1366, dan 1367 Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (“KUHPer”).

Pasal 1365

Tiap perbuatan yang melanggar hukum dan membawa kerugian kepada orang lain, mewajibkan orang yang menimbulkan kerugian itu karena kesalahannya untuk menggantikan kerugian tersebut.

Pasal 1366

Setiap orang bertanggung jawab, bukan hanya atas kerugian yang disebabkan perbuatan-perbuatan, melainkan juga atas kerugian yang disebabkan kelalaian atau kesembronoannya.

Pasal 1367

Seseorang tidak hanya bertanggung jawab, atas kerugian yang disebabkan perbuatannya sendiri, melainkan juga atas kerugian yang disebabkan perbuatan-perbuatan orang-orang yang menjadi tanggungannya atau disebabkan barang-barang yang berada di bawah pengawasannya.

Umumnya, pemilik kendaraan atau pengguna jasa tempat parkir lebih mengutamakan untuk memperoleh ganti kerugian atas kerugian yang dialaminya, yakni hilangnya kendaraannya. Oleh karena itu, penyelesaian melalui jalur perdata lebih banyak dipilih untuk memperoleh ganti kerugian. Hal ini tidak menutup kemungkinan bagi para pihak untuk menyelesaikannya dengan cara kekeluargaan.

Jadi, pemilik atau pengelola tempat parkir harus bertanggung jawab terhadap kendaraan yang telah dititipkan kepadanya, dan konsumen parkir yang dirugikan karena kendaraannya hilang di lokasi parkir dapat menggugat pemilik atau pengelola tempat parkir secara perdata.

semoga bermanfaat.

Sumber: hukumonline.com

Top Posts:

Iklan

Komentar»

1. Kobayogas - Juni 23, 2015

polisi punya

Suka

Sing Indo - Juni 23, 2015

lapor berwajib ya kang…

Suka

2. lazione budy - Juni 23, 2015

berarti selama ini semua tempat parker itu salah dong,
masak terima uangnya, ga terima pertanggung jawabnya.
Enak men jal..

Suka

Sing Indo - Juni 23, 2015

Iya mas… mereka berlindung dibalik klausula baku itu….

Suka

3. Mase - Juni 23, 2015

Tukang parkir memang semaunya sendiri, penting dapat duit

Suka

Sing Indo - Juni 23, 2015

nah itu dia… curang nya disitu….

Suka

Mase - Juni 23, 2015

Parkir di malioboro teman saya diancam mau dikeroyok gara2 nyobek karcis parkir… padahal tulisannya sekali pake tapi sama tukang parkirnya dipakai terus…semmm og…

Suka

Sing Indo - Juni 23, 2015

jiah… itu mah serem bgt…

Suka

Mase - Juni 24, 2015

cuma gara2 selembar karcis

Suka

4. agoey - Juni 23, 2015

Dan mereka berdalih.. Tidak bertanggung jawab karna hanya sebatas menyewakan lahan parkir..

Suka

Sing Indo - Juni 23, 2015

Nah itu dia om… krn kita gak tau jadi diam saja… sebenernya gak begitu…

Suka

agoey - Juni 23, 2015

Iya.. Dan artikel om ini mencerahkan sekali…

Suka

Sing Indo - Juni 23, 2015

Alhamdulillah… senangnya berbagi mas…

Suka

5. Azis Karim - Juni 23, 2015

Jadi langsung lapor polisi dan minta pertanggung jawaban tukang parkir ya Mas ?

Suka

Sing Indo - Juni 23, 2015

yup mas… kalau saya begitu…

Suka

6. yht2506 - Juni 23, 2015

di indonesia tercinta ini meamng konsumen masih belum menjadi raja…

Suka

7. apram33 - Juni 23, 2015

makanya ada asuransi untuk mobil? kalau tmpt parkir uda diharuskan ada asuransi untuk mobil hilang.. ntr malah tambah mahal harga parkirnya..

Suka

8. koplak - Juni 24, 2015

yang salah bukan tukang parkir… tapi yang buat kebijakan… kalo kebijakanx tegas tukang parkir juga akan mikir dengan tanggung jawabx… malah terkadang parkir liar lebih aman… di kota ane parkir gratis coz banyak yang diangkat DLLAJ n emang seharusx gratis kecuali parkir dilahan bukan pemerintah… tujuanx menyingkirkan parkir liar, tp efek burukx preman2 kehilangan kerjaan…
jadi intix tdk semua yang buruk itu buruk, yang baik itu baik… hanya oknum… yang bahaya oknumnya jadi sindikat…

Suka

9. Joe - Juni 25, 2015

Parkir, itu menyediakan tempat Bro untuk parkir. Bukan jagain atau bukan nungguin barang kamu.

Suka

10. yulri joel - Juli 3, 2015

Kalo kita sewa rumah tentunya barang2 yg ada di d alam rumah menjadi tanggung jawab masing2.

Suka

11. Mile - Agustus 28, 2015

Tapi bukannya kalau tkg parkir atau oengelola jasa parkir udah menulis ketentuan diatas dan kita msh parkir di lokasi nya bukankah kita menyetujui persyaratan dari pengelola tmpt parkir tersebut. Otomatis ga bs digugat dong?

Suka

12. Lost Saint - Desember 17, 2015

Eh, bagus ini dibuat PETISI atau dilaporin ke lapor.go.id
barusan liat di feed temen kehilangan barang di parkiran RS, dan ternyata yaitu pengelola parkir ga bertanggung jawab, terus nyoba nyari2 referensi ketemu web ini.

isi petisinya ya ilangin klausa”bukan tanggung jawab kami”

Suka

Sing Indo - Desember 17, 2015

Silakan di share agar orang2 paham. Terima kasih.

Suka

13. Taufik - Mei 11, 2017

Memang tidak terlalu salah. Seharusnya yg punya kendaraan harus punya antisipasi asuransi dan lain2. Parkir aja di pinggir jalan tar ilang kendaraannya tanggung jawab siapa? Hahahahhaahaha elit amat otak nya hahahga

Suka


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: