Rombongan Motor Ini Tidak Memberi Kesempatan Ambulans untuk Lewat… Sungguh Terlalu!

Rombongan Motor Ini Tidak Memberi Kesempatan Ambulans untuk Lewat... Sungguh Terlalu!

Selamat pagi Mas bro dan Mbak sis…

Weekend ini sempat ramai diperbincangkan masalah rombongan moge yang tidak memberi kesempatan  ambulans untuk lewat.

Sebagaimana kita ketahui ambulans merupakan salah satu prioritas di lalu lintas dan memiliki hak untuk melanggar peraturan lalu lintas seperti menerobos lampu merah, melawan arah, dan melalui lajur bahu jalan, dan sudah dijelaskan dalam Undang-Undang Perlalulintasan bahwa kendaraan seperti Ambulans dan kendaraan gawat darurat yang lainnya harus diberi kenyamanan dan diberi lintasan untuk di jalan raya guna menyelamatkan nyawa.

Agar lebih jelas silakan baca Pasal 134 dan 135 UU No 22 tahun 2009 mengenai prioritas dan hak kendaraan gawat darurat di lalulintas.

“Hak utama kendaraan tertentu Tidak memberikan prioritas jalan bagi kendaraan bermotor memiliki hak utama yang menggunakan peringatan dengan bunyi dan sinar dan/atau yang dikawal oleh petugas Polri : a. Kendaraan pemadam kebakaran yang sedang melaksanakan tugas; b. Ambulans yang mengangkut orang sakit; c. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecalakaan lalu lintas; d. Kendaraan pimpinan Lembaga Negara Republik Indonesia; e. Kendaraan pimpinan dan pejabat negara asing serta lembaga internasional yang menjadi tamu negara;”

Dari penjelasan tersebut, diprioritaskan kendaraan-kendaraan yang telah disebut untuk diberi laluan aman dan cepat di jalan raya. Ketentuannya yaitu:

  1. Ambulans, Pemadam Kebakaran, dan Kendaraan Polisi yang sedang membunyikan sirene dan lampu-lampu di jalanan wajib diberi jalan dan lintasan aman guna sampai pada tujuan dengan selamat, dimana pengemudi lainya harus minggir ataupun berhenti di tepi jalan dan beri laluan aman.
  2. Ketiga kendaraan darurat tersebut mempunyai keistimewaan untuk bisa melanggar rambu-rambu lalulintas seperti melawan arus lalu-lintas, menerobos lampu merah, melewati jalur busway, dll pada kondisi darurat dan tidak boleh di ganggu oleh pengemudi lainya.
  3. Seluruh pengemudi lalu-lintas yang melihat dan mendengar sirene atau lampu-lampu dari kendaraan darurat tersebut wajib berusaha memberi jalan walaupun pada kondisi kemacetan lalulintas. Jika tidak memungkinkan, pengemudi wajib berusaha semaksimal mungkin untuk minggir dan memberi jalan.
  4. Dilarang keras menghadang, mengabaikan, dan mengganggu perjalanan ketiga kendaraan darurat tersebut dalam melaksanakan tugas untuk menyelamatkan nyawa.
  5. Selain keperluan tertentu, dilarang membuntuti atau mengikuti ketiga kendaraan darurat tersebut dalam melaksanakan tugas guna melewati kemacetan atau cari jalan cepat, karena dapat membahayakan dan menyelakai kendaraan darurat tersebut jika terjadi rem mendadak, dll.

Nah aturannya sudah jelas… sangat tidak salah Mas bro berinisial YX memposting video ini di Facebook karena memang ambulans gak boleh di abaikan (baca point 4 diatas).

Bagi yang belum melihat videonya silakan simak video berikut ini:

Di postingan tersebut Bro YX mengatakan:

Mereka yang katanya orang-orang kaya dan berpendidikan… Tapi gak tau diri… Bukannya memberi kesempatan untuk ambulans kami lewat… Itu lhoo… suara sirine kam, sudah teriak-teriak… tapi tetap saja diacuhkan… Kami ini membawa pasien lho Pak dan Bro… Bukan happy-happy di jalan atau gaya-gayaan pakai sirine… !!!

Gimana seandainya yang didalam ambulans kami adalah salah satu dari keluargamu? Trus digituin sama orang lain?

Hmmm… sungguh terlalu…

Rombongan Konvoi Motor Ini Tidak Memberi Kesempatan Ambulans untuk Lewat... Sungguh Terlalu!

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Peristiwa dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

18 Balasan ke Rombongan Motor Ini Tidak Memberi Kesempatan Ambulans untuk Lewat… Sungguh Terlalu!

  1. macantua.com berkata:

    Malah yg punya hak resmi dihalangi. Halal buat ditabrak

    Suka

  2. Asli parah…. mending senggol aja sekalian tuh…

    Suka

  3. Imaywapblog berkata:

    parah keterlaluan..

    Suka

  4. wtf170 berkata:

    Kenapa gak di tabrak….ngotor2in jalan aj

    Suka

  5. Poncol berkata:

    Klo w jadi supir ambulan nya..udah w lindas tuh geng motor..biar pada kapok..

    Suka

  6. sigit amat santoso berkata:

    MOGE BODOH….OTAK DI DENGKUL…FVCKYU

    Suka

  7. Anonim berkata:

    tar juga pada kena karmanya tuh moge2 ga punya Hati nurani

    Suka

  8. Newbie Tora berkata:

    Parah banget tu orang gan

    Suka

  9. Anonim berkata:

    mereka belum merasakan bagaimana prasaan orang di dalam ambulance..

    Suka

  10. Anonim berkata:

    Bang cb di tabrak aja tu orang….bukan manusia itu para konvoi….orang kaya otak ga ad….kelak dia di posisi orang di ambulan warga cm ngetawain dan ga ksh lewat jg…

    Suka

  11. ajaj berkata:

    Belum tentu itu mobil ambulans..banyak berita d pelintir

    Suka

  12. Anonim berkata:

    ngelihat vidionya ini sih yg ngirim lebay kesannya mau cari2 kesalahan orang aja…coba aja simak baik2 vidionya,,, laju kendaraannya aja cukup kencang kok jadi gak ada yg terhambat…so please kalo mau komen sesuatu bijak lah sedikit…jangan apa2 main judge aja Bro, biar Negara/Bangsa kita ini semakin dewasa dan semakin cerdas…salam dari Bandar Lampung

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s