Hati-hati Ditipu Oknum Sopir Uber Taxi Nakal

Hati-hati Ditipu Sopir Uber Taxi Nakal 1

Selamat siang Mas bro dan Mbak sis…

Tiga hari yang lalu tepatnya tanggal 22 Desember 2015 seseorang berinisial FE menceritakan kisah yang dialaminya terkait sopir uber taxi yang menurutnya nakal.

Beliau menceritakan modus penipuan tersebut secara detail melalui tulisan yang beliau posting di social media.

Berikut kisah lengkapnya.

HATI-HATI DITIPU SOPIR UBER NAKAL!

Sebenarnya kejadian ini sudah menimpa saya 2 kali bulan lalu. Tapi masih saya abaikan karena beranggapan itu adalah ketidaksengajaan. Tapi ketika kejadian ini terjadi lagi kemarin (21 Desember 2015), saya mulai merasa ini adalah modus penipuan dari oknum sopir Uber yang nakal. Makanya saya akan ceritakan bagaimana modusnya supaya teman-teman tidak terkena.

Kejadian pertama di bulan lalu

Kejadian pertama di bulan lalu

Seperti biasa sekitar pukul 15.15 saya order Uber Taxi dari daerah Pulomas. Tak sampai 10 detik datang konfirmasi kalau sopir bernama Rohman dengan Toyota Avanza siap menjemput saya dengan estimasi kedatangan 1 menit.

Hati-hati Ditipu Sopir Uber Taxi Nakal 2

Akan tetapi kok saya lihat di peta dia melewati titik tunggu saya dan tidak menelepon. Saya teleponlah dia, dan ia mengaku kelewatan serta mohon ditunggu. Ya sudah saya tunggu. Eh kok di peta saya lihat dia malah melalui jalan yang tidak seharusnya dan sampai 10 menit lebih tidak mendekat. Saya telepon lagi.

Lantas dia bilang, “Maaf Pak ban saya kempis. Jadi saya harus tambal ban dulu.” Nah, kira-kira saya harus bagaimana? Tetap menunggu tak tahu sampai kapan, atau mengorder Uber lainnya? Pastinya pilihan kedua, kan?

Kemudian saya bilang, “Pak saya nggak bisa menunggu karena buru-buru. Boleh minta tolong dicancel saja?” Ia pun menyanggupi. Kenapa saya tak cancel sendiri, karena akan dianggap saya membatalkan sepihak dan terkena fee. Jelas saya tidak mau karena ini bukan kesalahan saya. Apalagi bila konsumen membatalkan pesanan setelah 5 menit maka akan terkena denda.

Eh, nggak berapa lama saya lihat notifikasi kalau pesanan sudah dibatalkan oleh sopir dan saya terkena CANCELLATION FEE Rp 30.000. Saya kaget dan menelepon si sopir lagi. Eh dia dengan santainya bilang, “Lah kan bapak yang mau cancel. Bukan saya.” Astaga, langsung naik pitam rasanya. Saya pun berbicara dengan nada agak keras, “Tolong bapak cancel fee ini ke Uber. Ini kesalahan bapak, bukan saya. Kalau tidak mau, saya akan laporkan ke Uber.” Tahu apa yang dia lakukan? Dia langsung menutup telepon dan tak mau mengangkat telepon saya lagi.

Ya sudah lantas saya sampaikan keluhan ke Uber via tombol Help di aplikasi. Saya ceritakan ke mereka persis seperti yang saya ceritakan di sini. Untungnya layanan kantor pusat Uber sangat cepat dan profesional. Tidak sampai 5 menit sudah dibalas dan dikatakan kalau uang saya telah dikembalikan penuh dan tak akan dicharge ke kartu kredit.

Kejadian kedua sesuai dengan artikel ini

Kejadian kedua sesuai dengan artikel ini

Oke saya tidak kehilangan uang apa-apa. Bahkan uang Rp 30 ribu pun bukan jumlah yang besar. Tapi saya berandai-andai apakah konsumen lain bisa menyadarinya jika mengalami hal sama. Atau mereka mungkin juga malas melaporkannya karena berpikir itu tak seberapa dan merepotkan harus mengetik laporan. Bila iya, sangat mungkin sopir tersebut melakukannya ke beberapa penumpang dan mendapatkan uang tanpa kerja apapun. Dan di kamus saya ini namanya PENIPUAN.

Lantas saya ingat kejadian bulan lalu yang modusnya mirip. Mengaku kelewatan setelah saya 5 menit menunggu dan harus berputar jauh sekali. Pada akhirnya saya harus meminta mereka cancel. Di 2 kejadian itu saya juga terkena cancellation fee, namun saya laporkan dan dikembalikan juga.

Secara pribadi saya sangat suka Uber dan akan tetap menggunakannya. Tapi memang ada celah yang bisa dimanfaatkan sopir nakal yang merugikan kita. Semoga sharing pengalaman ini bisa membuat teman-teman berhati-hati dalam menggunakan Uber.

Terima kasih.

Nah jadi lain kali harus hati-hati ya… Terima kasih kepada Bro FE yang sudah membagikan kisahnya kepada kita-kita.

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Penipuan dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

31 Balasan ke Hati-hati Ditipu Oknum Sopir Uber Taxi Nakal

  1. orong-orong berkata:

    waduh sopir mau enaknya aja

    Suka

  2. Kobayogas berkata:

    Fitra ya, kejadian di gw beberapa hari lalu tepatnya tggal 19…di cancel sama dia karena ga smp smp eh gw kena 30rb tyata

    Suka

  3. An_Syahri berkata:

    Wah.. Koq gitu ya..

    Suka

  4. bejoselamet berkata:

    Halo om Uber katanya masih ilegal ya di Jakarta?

    Suka

  5. Ping balik: OMG, Cantiknya Putri Cindy Fatikasari Dalam Balutan Hijab! | Sing Indo

  6. Ping balik: Perseteruan Anggita Sari dan Tyas Mirasih Makin Memanas… Sepertinya Tidak Lama Lagi Semua Akan Terbongkar… | Sing Indo

  7. wongserut berkata:

    Di bidang apapun selalu ada pikiran “cerdik” negatif demi kepentingan pribadi

    Suka

  8. Ping balik: “Fitur” Google Yang (Mungkin) Belum Kita Ketahui.. (bisa untuk maenan game legendaris PacMan juga ternyata hehehe) | Sing Indo

  9. Ping balik: Ribuan Anggota Catholic Community Indonesia Turut Mendoakan Riyanto, Anggota Banser NU yang Gugur Terkena Bom di Gereja Eben Tahun 2010 | Sing Indo

  10. threeazz berkata:

    Yah… Begitulah Om..
    Ada celah…
    Wong sebenernya ga diakui sah secara Hukum Angkutan Umum kan ya
    😀

    Suka

  11. Ping balik: 6 Manfaat Suami Menyusu Tiap Malam | Sing Indo

  12. Ping balik: Tanpa Disadari Pilot, Penerbangan Malaysia Airlines MH132 Terbang Salah Arah | Sing Indo

  13. Ping balik: Liat Pak Jokowi Nyanyi Nyook.. | Sing Indo

  14. Ping balik: 17 Selebriti yang Paling Banyak Dicari di Internet | Sing Indo

  15. Ping balik: Kader PKS ini Tuduh Anak Jokowi Hamil di Luar Nikah | Sing Indo

  16. Ping balik: Posisi Bercinta Ini Akan Membuat Istri Anda Bahagia | Sing Indo

  17. bimo berkata:

    saya baru pakai uber saya ada uber promo : bimoseptyopue

    Suka

  18. rocco berkata:

    Itu mah bukan ditipu.. Tapi memang kejadian dilapangan kaya begitu ibu/bapak wajarlah kalo kadang kelewatan dari titik jemput gpskan gak selalu akurat..AApalagi kalo alamat kurang lengkap.. Ban bocor jg wajar mobilkan pake ban.. Kalo dilihat dari sisi pengemudi siapa yang bayar bensin untuk jalan ke tempat penjemputan.. Unsur penipuannya dilihat darimana…toh akhirnya uang dikembalikan.. Dari sisi pengemudi malah rugi bensin dan waktu… Terima kasih untuk Singindo yang sudah mengangkat topik ini…

    Suka

  19. ball berkata:

    wihh mantep shareingnya,buat waspada. tapi pembaca jgn pukul rata semua supir uber,toh ini judulnya jg cuma “oknum”. gw yakin mau uber,grab dll pasti masih ada orang baik dan jujur yg sedang cari rezeki yg halal untuk nafkah keluarganya.

    Suka

  20. Teguh berkata:

    Daftar uber partner langsung aja gan

    Suka

  21. uber fack berkata:

    30 ribu itu besar buat orang miskin seperti saya… makanya saya suka uber…

    Suka

  22. itok berkata:

    tadi gw ditipu juga dari slipi ke stasiun tanah abang awalnya kan 8500 karena pake diskon, eh malah di puterin ke palmerah trus lanjut kesenayan,,, sesampai di stasiun tanah abang gw di suruh bayar 55500, brengsek itu driver sialan,.. namanya muchamad djajuli,,, saya berharap uber dapat pecat ini driver

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s