6 Petisi Online Tahun 2015 Yang Dimenangkan Netizen

nline Tahun 2015 Yang Dimenangkan Netizen

Gerakan demokrasi digital sepanjang tahun 2015 mengalami pertumbuhan yang amat sangat signifikan. Respons netizen terhadap isu ataupun kasus tertentu yang tertuang lewat petisi online terus meningkat meningkat sejak makin tenarnya situs change.org.

Salah satu indikatornya dapat ditilik dari meningkatnya jumlah pengguna wadah petisi online Change.org Indonesia. Berdiri sejak Juni 2012, pengguna Change.org di Indonesia tahun 2013 mencapai 391 ribu anggota dan setidaknya sudah ada 8.400 petisi yang diajukan. Pada 2014 tercatat ada 900 ribu pengguna wadah petisi itu. Namun, hingga akhir tahun ini, Change.org mengklaim memiliki 1,9 juta pengguna.

Direktur Komunikasi Change.org Indonesia, Desmarita Murni mengatakan kategori yang masuk daftar petisi terpopuler 2015 adalah kategori Anti Korupsi, Lingkungan dan Satwa, Olahraga, Toleransi, dan Keadilan Pidana. Change.org bahkan mencatat terbentuknya 1.200 petisi tentang asap sepanjang tahun 2015. Pertumbuhan netizen menggunakan petisi online yang besar ini berimplikasi pada kemenangan-kemenangan petisi yang ada. Sepanjang 2015 saja, situs wadah petisi online ini mengklaim ada 536.099 pengguna yang meraih kemenangan melalui petisi di Change.org. Enam petisi di antaranya menjadi petisi dengan kemenangan terbesar sepanjang 2015.

Sebagaimana yang tengah hangat dibahas di salah satu forum terbesar di Indonesia, berikut 6 Petisi Online yang Berakhir dengan Kemenangan Netizen Selama Tahun 2015;

#1; Petisi #DukungPilkadaLangsung

Sumber foto: internet.

Sumber foto: internet.

Kemenangan besar pertama yakni petisi pilkada langsung yang dibuat pada awal 2015. Petisi ini dibuat setelah DPR memutuskan bahwa kepala daerah tidak lagi dipilih oleh rakyat secara langsung, melainkan dipilih olah DPRD masing-masing daerah.

“Ini membuat masyarakat geram. Kemudian melalui petisi yang digalang oleh Perludem, lebih dari 100 ribu netizen mendukung pengembalian pilkada langsung. Setelah banyak diberitakan di media dan banyak aksi turun ke jalan, akhirnya pilkada langsung kembali ke rakyat,” jelas Desma di kawasan Kemang, Ampera Raya, Jakarta Selatan, Senin (21/12/2015).

#2; Petisi Jaminan Hari Tua

Sumber foto: internet.

Sumber foto: internet.

Petisi online kedua yang berhasil meraih kemenangan besar yakni soal jaminan hari tua (JHT) 10 tahun. Petisi bermula dari netizen, Gilang Mahardika yang tak bisa mengambil pensiun saat berhenti bekerja karena kebijakan tersebut.

Hanya dalam beberapa hari, petisi itu mendapat dukungan lebih dari 111 ribu netizen dan menjadi salah satu petisi online terbesar. “Petisi itu langsung direspon beberapa kali oleh Menaker Hanif Dhakiri dan kebijakan pun berubah,” ucap Desma.

#3; Petisi #RIPYongki Hentikan Penjualan Produk yang terbuat dari Gading Gajah

Sumber foto: internet.

Sumber foto: internet.

Petisi terhadap penjualan gading gajah yang digagas seorang dokter hewan, Wisnu Wardana juga jadi petisi yang berpengaruh besar. Petisi tersebut bermula saat kematian gajah bernama Yongki yang memprihatinkan, Wisnu kemudian membuat petisi online #RIPYongki. Petisi ini mengkampanyekan pentingnya melindungi satwa berukuran besar itu.

“Dalam beberapa hari, petisi ini mendapat dukungan 30 ribu orang. Kemudian toko-toko online yang menanggapi petisi itu dengan menghentikan penjualan gading gajah di situs mereka,” ujar Desma.

#4; Petisi Tarif Data di wilayah Indonesia Timur

Sumber foto: internet.

Sumber foto: internet.

Petisi tentang gugatan tarif data di Indonesia Timur yang mahal juga jadi satu petisi yang berdampak. Petisi itu dibuat oleh pemuda Maluku bernama Djali Gafur yang kecewa karena tarif data internet di wilayah Indonesia Timur lebih mahal dibanding di wilayah Barat .

“Setelah didukung 16 ribu user, Menkominfo Rudiantara memanggil pihak provider. Akhirnya tarif mulai diturunkan perlahan sesuai zona,” ungkap Desma.

#5; Petisi Akses Obat Hepatitis C

Sumber foto: internet.

Sumber foto: internet.

Petisi selanjutnya yakni akses obat hepatitis C ke Indonesia. Petisi dibuat oleh Ayu Oktariani yang menderita hepatitis C dan kesulitan mengakses obat.

Petisi tersebut berhasil membuat Kemenkes bergerak dan membuat kebijakan menanggung biaya obat hepatitis C ditanggung Kementerian. Menkes juga akhirnya mau mendatangkan obat hepatitis C berefek samping rendah ke Indonesia.

#6; Petisi #PapaMintaSaham

Sumber foto: internet.

Sumber foto: internet.

Dan petisi yang terakhir, yakni soal skandal ‘Papa Minta Saham’ yang ditujukan agar Setya Novanto mundur dari kursi Ketua DPR. Petisi itu dibuat oleh seorang dosen komunikasi bernama A Setiawan Abadi. Dosen komunikasi dan ilmu politik di salah satu universitas swasta tanah air itu membuat petisi mendesak Novanto turun dan disebar melalui Change.org.

Petisi tersebut meraih 90 ribu tanda tangan netizen. Meski tak secara langsung membuat lengsernya Novanto dari kursi Ketua DPR, menurut Desma, petisi tersebut setidaknya bisa jadi sikap rakyat atas kasus Novanto.

“Ini merupakan kemenangan rakyat. Meskipun MKD tidak memutuskan pelanggaran apa-apa karena berdalih Setya Novanto mundur sebelum putusan,” tandas dia.

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Internet dan tag , , , , , . Tandai permalink.

14 Balasan ke 6 Petisi Online Tahun 2015 Yang Dimenangkan Netizen

  1. sebarkan.org berkata:

    Papa minta saham tuh yg plg panas..

    Suka

  2. warungasep berkata:

    petisi gnti nama yamha xambre gledek nyok wkwkwk

    Suka

  3. Ping balik: Pembukaan Rekrutmen CPNS 2016, Ini Formasinya! | Sing Indo

  4. Ping balik: Keren… Tiga Presiden RI Dalam Satu Panggung | Sing Indo

  5. Ping balik: Kontroversi Tarif Baru Go-Jek… Konsumen dan Driver Protes | Sing Indo

  6. Ping balik: BREAKING NEWS! Big Boss Freeport Mengundurkan Diri | Sing Indo

  7. Ping balik: Indonesia Bakal Ekspor Kapal Perang, Pertama Dalam Sejarah Republik Indonesia! | Sing Indo

  8. Ping balik: Presiden Paling Sexy di Dunia Ada di Kroasia Namanya Kolinda Grabar-Kitarovic | Sing Indo

  9. Ping balik: Ini Dia “Bom Seks” Pertama Di Indonesia | Sing Indo

  10. Ping balik: Hati-hati Pria Ini Bawa Kabur Peralatan Fotografi Bernilai Puluhan Juta Rupiah | Sing Indo

  11. Ping balik: Belajar Mengambil Keputusan dari Seekor Katak | Sing Indo

  12. Ping balik: Tulisan Tangan Jokowi Tentang Impian Indonesia 2015-2085 | Sing Indo

  13. Ping balik: Obrolan 2 Putra Jokowi Yang Ramai Dibicarakan Netizen Menjelang Perhatian Tahun | Sing Indo

  14. Ping balik: Selain Meremas, Ini 6 Hal Yang Ingin Dilakukan Pria Terhadap Payudara | Sing Indo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s