Indonesia Bakal Ekspor Kapal Perang, Pertama Dalam Sejarah Republik Indonesia!

Sumber foto: Merdeka

Sumber foto: Merdeka

Dipenghujung tahun 2015 Indonesia kembali mendapat kabar baik. Setelah sebelumnya kita mendengar bahwa pertama dalam sejarah Republik Indonesia penerimaan pajak tembus 1000 T rupiah.

Baca juga: Penerimaan Pajak Tembus 1000 T, Pertama Dalam Sejarah Republik Indonesia!

Kali ini sektor maritim yang membukukan prestasi membanggakan yaitu ekspor kapal perang yang lagi-lagi pertama dalam sejarah Republik Indonesia.

Seperti yang diberitakan oleh Merdeka.com, PT PAL Indonesia segera meluncurkan satu unit kapal perang pesanan Filipina jenis “Strategic Sealift Vessel” (SSV), yang proses pengerjaannya sudah mencapai 90 persen, pada 18 Januari 2016.

Direktur Produksi PT PAL Indonesia, Edy Widarto mengatakan, peluncuran tersebut rencananya dihadiri Presiden Joko Widodo, sebab menjadi catatan sejarah Indonesia yang kali pertama melakukan ekspor kapal jenis perang.

“Kita masih menunggu konfirmasi dari beliau (presiden), sebab peluncuran atau ‘launching’ ini sekaligus menjadi bagian dari uji coba pertama bagi kapal perang buatan anak bangsa,” kata Edy seperti ditulis Antara, Selasa (29/12).

Dalam peluncuran nanti, kapal perang canggih itu akan diuji coba untuk mengapung di laut, serta kekuatan daya tahan kapal terhadap musuh, ditambah fungsi sejumlah peralatan canggih yang ada di dalam manifest kapal.

“Setelah peluncuran, kemudian kita sempurnakan dengan melakukan pengecatan sesuai pemesan dan menyambung lagi beberapa komponen peralatan listrik,” ucapnya.

Dengan begitu, kata Edy, satu unit kapal tersebut akan siap diserahkan secara resmi kepada pemerintah Filipina pada Mei 2016.

Dalam peluncuran itu akan dilakukan beberapa agenda besar, seperti peluncuran kapal jenis Perusak Kawal Rudal (PKR) pesanan TNI Angkatan Laut, serta peletakan blok kapal perang kedua pesanan Filipina.

“Filipina memesan dua unit kapal perang ‘Landing Platform Deck’ (LPD) jenis SSV kepada Indonesia. Pada saat peluncuran, kapal pertama kita lakukan peletakan blok untuk pesanan tahap kedua,” katanya.

Kapal pesanan Filipina itu didesain dengan panjang 123 meter, lebar 21,8 meter dan mampu mengangkut 500 pasukan serta bobot hingga 10.300 ton, serta mempunyai kecepatan atau dapat melaju selama 30 hari dengan jarak 9.360 mil laut dengan kecepatan maksimal 16 knot.

Selain itu, kapal perang buatan anak negeri tersebut juga mampu membawa dua helikopter, dan mengangkut kapal “landing craft utility” (LCU) serta sejumlah tank perang hingga truk militer.

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Tak Berkategori dan tag , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Indonesia Bakal Ekspor Kapal Perang, Pertama Dalam Sejarah Republik Indonesia!

  1. Ping balik: Presiden Paling Sexy di Dunia Ada di Kroasia Namanya Kolinda Grabar-Kitarovic | Sing Indo

  2. Ping balik: Ini Dia “Bom Seks” Pertama Di Indonesia | Sing Indo

  3. Ping balik: Hati-hati Pria Ini Bawa Kabur Peralatan Fotografi Bernilai Puluhan Juta Rupiah | Sing Indo

  4. Ping balik: Belajar Mengambil Keputusan dari Seekor Katak | Sing Indo

  5. Ping balik: Tulisan Tangan Jokowi Tentang Impian Indonesia 2015-2085 | Sing Indo

  6. Ping balik: Dimana Bumi Dipijak Disitu Langit Dijunjung… Sebuah Pembelajaran untuk Para Pendatang | Sing Indo

  7. Ping balik: Curhat Kartini Kongsyahyu dan Tanggapan dari Lion Air | Sing Indo

  8. Ping balik: Federasi Serikat Pekerja Ungkap Dugaan Modus PT Telkom Gasak Ratusan Miliar Uang Pelanggan Speedy! | Sing Indo

  9. Ping balik: Ada Super Car Porsche Tertimpa Pohon Di Pondok Indah | Sing Indo

  10. Ping balik: Trend Akhir Tahun, Foto Tukar Baju Sama Pasangan… Akankah Trend Ini Terbawa Sampai Tahun Depan? | Sing Indo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s