Setelah Diabaikan SBY, Kini Papua Mulai Dibangun Jokowi

Foto Perdana Presiden Jokowi Tahun 2016; Akankah Menjadi Trend Baru?

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menegaskan tekadnya untuk membangun infrastruktur di Papua dan Papua Barat. Selain tekad untuk membangun proyek jalur kereta sepanjang 300 km, Jokowi juga merrencanakan pada 2018 seluruh kabupaten di Papua sudah terhubung jalan aspal.

“Saya janji, seluruh kabupaten di Papua, tahun 2018 semuanya tersambung jalan,” kata Jokowi ketika meresmikan pabrik sagu Perhutani di Kabupaten Sorong Selatan, Papua Barat, Jumat (1/1/2016).

Sejak terbentuk setahun lalu, Pemerintahan Jokowi memang bertekad untuk membangun jalan Trans Papua sepanjang 3.985 kilometer. Sejumlah ruas jalan yang termasuk dalam Trans Papua di antaranya Jayapura-Wamena-Mulia, Jayapura-Sarmi, Jayapura-Hamadi-Holtekamp-Perbatasan Papua Nugini, Merauke-Waropko, Timika-Mapurujaya-Pomako, Nabire-Waghete-Enarotali, dan Serui-Menawi-Subeba.

Pembangunan Trans Papua bertujuan mengakomodir pusat-pusat kegiatan nasional di Papua yang sudah termaktub dalam rencana tata ruang wilayah nasional. Ada tiga pusat kegiatan nasional yang ada di Papua, yakni Sorong, Jayapura, dan Timika. Selain itu ada juga pusat kegiatan strategis seperti Manokwari, Raja Ampat, dan Tanah Merah.

Untuk mewujudkan rencana tersebut, pemerintah Jokowi telah menganggarkan Rp3,8 triliun. Targetnya, seperti yang diungkap sendiri oleh Presiden, pada 2018 seluruh jalan Trans Papua sudah terbangun.

Pembangunan infrastruktur di Papua memang tak bisa ditawar lagi. Infrastruktur yang teramat minim di bumi Cendrawasih telah membuat harga-harga barang yang dibutuhkan rakyat menjadi sangat mahal. Bayangkan, harga satu botol air mineral saja bisa mencapai Rp50.000!

Tak hanya jalan, pemerintahan Jokowi juga telah merancang pembangunan pabrik semen pertama di Papua. Perusahaan BUMN PT Semen Indonesia Tbk dan BUMD setempat akan memulai pembangunan pabrik dengan kapasitas 1 juta ton semen per tahun ini pada awal tahun ini.

Pembangunan pabrik semen ini diharapkan dapat memenuhi permintaan kebutuhan semen di Papua yang pada tahun 2014 saja sudah mencapai sekitar 800.000. Ketiadaan pabrik ditengah angka kebutuhan semen yang tinggi telah membuat harga semen di Papua mencapai Rp1 juta per sak!

Tekad pemerintah Jokowi membangun Papua patut diapresiasi dan ditunggu pembuktiannya. Sebab memang pembangunan Papua sangat dinanti oleh warga yang sampai sekarang masih banyak terbelit kemiskinan.

Dan sepanjang sepuluh tahun era pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), pembangunan Papua tampak jalan di tempat. Pemerintahan SBY memang membentuk Unit Percepatan Pembangunan Papua dan Papua Barat (UP4B) pada 20 September 2010 yang dipimpin Letnan Jenderal (Purn) Bambang Darmono.

Tapi, kenyataannya pembangunan Papua tetap tak tampak dan rakyat Papua masih tetap miskin. Kondisi ini tentu sangat bisa menjadi ladang subur bagi tumbuhnya krisis kepercayaan pada pemerintah, bahkan dapat bermuara pada krisis nasionalisme mengingat masih adanya gerakan separatis di Papua yang ingin berpisah dari Republik Indonesia.

Maka, kini memang sudah seharusnya pemerintahan Jokowi mulai membangun Papua,setelah pemerintahan sebelumnya mengabaikan tanah Mutiara Hitam tersebut.

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Ekonomi dan tag , , , , , , , . Tandai permalink.

16 Balasan ke Setelah Diabaikan SBY, Kini Papua Mulai Dibangun Jokowi

  1. sebarkan.org berkata:

    Papua harus bangkit..!!

    Suka

  2. lamik gemini berkata:

    papua menang mutlak suara pilkada.. #eh

    Suka

  3. Ping balik: Diambang Krisis Ekonomi, Saudi Arabia Naikkan Harga BBM 50% | Sing Indo

  4. Ping balik: Batalkan Transaksi Sepihak, Kemendag Akan Cabut Izin Usaha Dan Denda Lazada 2 Miliar | Sing Indo

  5. Ping balik: BBM Naik, Tarif Angkot Naik… BBM Turun, Tarif Angkot Tetap… Sedih Tak Berujung… | Sing Indo

  6. Ping balik: Diduga Salah Terapi Chiropractic Di Pondok Indah, Gadis Cantik Puteri Mantan Pejabat BUMN Meninggal Dunia | Sing Indo

  7. Ping balik: Walaupun Berhijab, Angelina Ya Tetap Angelina… Cantik! | Sing Indo

  8. Ping balik: Komentar Pendeta Yesaya Pariadji Membuat Ratusan Ribu Pendukung Ahok Kecewa | Sing Indo

  9. Ping balik: Disebut Angie Terima Dana 20% APBN 2010, Partai Demokrat Terancam Dibekukan | Sing Indo

  10. Ping balik: Ada Kebocoran Gas Metana, Los Angeles Dalam Keadaan Siaga Darurat | Sing Indo

  11. Ping balik: Rhoma Irama Meninggal Dunia | Sing Indo

  12. Ping balik: Dylan Putra Allan… Bintang Sinetron “Anak Jalanan” Ditangkap Polisi Saat Shooting | Sing Indo

  13. Ping balik: Ahok Kalah, PTUN Jakarta Kabulkan Gugatan Mantan Kepala Sekolah SMA Negeri 3 Jakarta | Sing Indo

  14. kiki berkata:

    Papua harus bangkit. Ditunggu Janji Jokowi. Kalo terbukti, Bisa 10 tahun jadi presiden…

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s