Diduga Aliran Sesat, Gafatar Menjadi Sorotan!

Diduga Aliran Sesat, Gafatar Menjadi Sorotan!

Organisasi Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) menjadi sorotan pasca hilangnya dokter Rica Tri Handayani bersama anaknya di Yogya. Gerakan yang sudah bermetamorfosis menjadi NKSA (Negara Karunia Semesta Alam) ini diduga berada dibalik hilangnya sang dokter dan beberapa orang lainnya di Surabaya, Purwokerto dan beberapa kota di Jawa Tengah lainnya beberapa waktu terakhir.

Fakta-fakta tentang Gafatar semakin terungkap. Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyebut organisasi itu terindikasi pecahan Al Qiyadah Al Islamiah yang dahulu dipimpin Ahmad Musadeq. Gerakan ini menyasar orang-orang berpendidikan tinggi.

Gafatar ternyata pernah mendaftarkan diri sebagai Ormas, namun ditolak Kemendagri dengan pertimbangan diidentifikasikan terkait dengan gerakan NII yang subversif terhadap pemerintahan Republik Indonesia yang sah.

Di website Gafatar, organisasi ini disebut dideklarasikan di Kemayoran, Jakarta Pusat, pada tahun 2012. Dasar pendirian organisasi adalah belum merdekanya Indonesia. Menurut mereka, Indonesia masih dijajah neokolonialis. Di sisi lain, para pejabat serakah dan kerap bertindak amoral. “Kenyataan ini membuat kami terpicu untuk berbuat,” tulis Gafatar.

Diduga Aliran Sesat, Gafatar Menjadi Sorotan!

Program kerja Gafatar sendiri di antaranya merupakan gerakan sosial ketahanan dan kemandirian pangan. Mereka memajang dokumentasi kegiatan seperti perkemahan, pelatihan kebencanaan, pelatihan untuk remaja, dan lain-lain. Beberapa orang hilang seperti dr Rica misalnya, disebut-sebut ia menghilang selama 2 minggu dan pergi Mempawah atau Sanggau, Kalimantan Barat, untuk mengikuti kegiatan Gafatar.

Hingga saat ini, belum ada keterangan resmi dari Gafatar terkait isu-isu yang beredar. Sementara di sisi lain, setelah Dokter Rica Tri Handayani Tertangkap di Pangkalan Bun Kalimantan Tengah, Kapolda DIY menyebutkan, ada kemungkinan dr Rica memang terlibat Gafatar.

“Kalau mendengar keterangan dari suaminya, sebelum menikah (Rica) memang aktif di Gafatar. Setelah menikah mandeg,” ujar Brigjen Erwin Triwanto di Mapolda DIY.

Pola perekrutan Gerakan Fajar Nusantara (Gafatar) sudah terbaca Majelis Ulama Indonesia (MUI). Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat MUI, KH Cholil Nafis mengatakan bahwa Gafatar menyasar orang-orang berpendidikan tinggi yang tertarik dengan agama tapi tidak mempunyai dasar pengetahuan yang mencukupi.

“Gerakan-gerakan semacam ini kan sasarannya para kaum-kaum eksekutif yang tertarik belajar agama, tapi mereka tidak mempunyai dasar pengetahuan yang cukup,” kata Cholil kepada jurnalis detik Ikhwanul Khabibi.

Aliran Gafatar alias NKSA menurut pengamat intelijen, Wawan Heri Purwanto merupakan sebuah gerakan terselubung.

“Gerakan ini bukan hal yang baru terjadi, ini merupakan gerakan yang sudah ada sejak lama pecahan dari kelompok Ahmad Musadek, hanya istilahnya saja yang baru,” kata Wawan saat dihubungi jurnalis detik Aditya Fajar Indrawan.

Keanehan dan penyimpangan Gafatar dialami langsung oleh mantan pimpinan KPK Bibit Samad Riyanto. Bibit yang pernah menjadi Ketua Dewan Pembina Gafatar mengakui tertipu dengan ajakan bergabung di organisasi tersebut, yang ternyata bukan untuk kegiatan sosial melainkan cenderung mengarah pada pembentukan agama baru.

Diduga Aliran Sesat, Gafatar Menjadi Sorotan!

“Saya tertipu mas. Makanya saya mundur. Saya itu jadi Ketua Dewan Pembina 2013, dan mundur 2014,” jelas Bibit kepada jurnalis detik Aditya Fajar Indrawan.

Bibit sadar dirinya tertipu ketika dia diajak bertemu pemimpin besar Gafatar yang disebut sebagai messiah di markas utamanya di Ciputat.

“Loh ini apa. Ini agama baru, saya langsung mundur saat itu juga. Tapi saya bilang sama mereka, Anda akan melawan masyarakat,” jelas Bibit bercerita pengalamannya pada 2014 lalu.

Pria messiah itu disebut Moshadeq. Bibit langsung mencari di internet, dan pria yang diyakini Gafatar sebagai messiah itu pernah diadili di Bogor pada 2009 karena penistaan agama.

“Makanya saya bilang, ini nggak bener ini. Mereka ini penggabungan islam dan advent hari ketujuh, semacam itu lah,” terangnya.

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Peristiwa dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

14 Balasan ke Diduga Aliran Sesat, Gafatar Menjadi Sorotan!

  1. Ping balik: Daftar Pemenang FIFA Ballon d’Or 2015, Lionel Messi Menjadi Pemain Terbaik Dunia 2015 | Sing Indo

  2. sebarkan.org berkata:

    makin bahaya aja nih aliran sesat..

    Suka

  3. Ping balik: Isu Reshuffle Kabinet Menguat, Begini Dugaan Bocorannya… | Sing Indo

  4. Kobayogas berkata:

    Hooo ini toh yg lagi ngehits mengerikan

    Suka

  5. Ping balik: Foto Direktur Hulu Migas ESDM Di Jet Pribadi Bikin Heboh | Sing Indo

  6. Ping balik: Yang Pesankan Kopi Untuk Mirna Adalah Jessica Kusuma Wongso Bukan Jessica Ngadimin | Sing Indo

  7. Ping balik: Loyang Kue Bertuliskan Al Quran Hebohkan Depok | Sing Indo

  8. Ping balik: Fahri Hamzah, Dulu Ayam Aduan Kini Ayam Sayur Yang Siap Disembelih | Sing Indo

  9. Ping balik: Pembunuh Rhoma Irama Serahkan Diri | Sing Indo

  10. Ping balik: Operasi Pantat Akan Menjadi Trend 2016 | Sing Indo

  11. Ping balik: Arti Tulisan Arab di Baju Agnes Monica | Sing Indo

  12. Ping balik: Ledakan Kembali Mengguncang Turki, Kali Ini Istanbul yang Menjadi Sasaran | Sing Indo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s