Kasus Chiropractic; Ini Dugaan Penyebab Kematian Allya

Diduga Salah Terapi Chiropractic Di Pondok Indah, Gadis Cantik Puteri Mantan Pejabat BUMN Meninggal Dunia

Tim forensik telah melakukan autopsi terhadap jenazah Allya Siska Nadya (33) yang diduga tewas akibat malpraktik di Chiropractic First. Dari hasil autopsi, ada dua kemungkinan penyebab kematian korban.

“Dari hasil autopsi ditemukan resapan darah pada otot-otot dan jaringan lunak pada leher depan ke bawah,” terang Kabid Dokkes Polda Metro Jaya Kombes Pol Musyafak kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (13/1/2016).

Musyafak melanjutkan, pendarahan tersebut ditemukan di leher bagian atas yaitu di cervical 1-2. “Kemudian resapan itu sampai ke cekungan selangka kemudian ke arah kiri sampai ke leher belakang mulai setinggi dasar tengkorak yaitu cervical 1 atau tulang leher 1 dan tulang leher 2 sampai batas bawah leher,” katanya.

“Kemudian didapat juga resapan darah paling hitam, paling menyolok warnanya yaitu terletak setinggi tulang leher 1 dan tulang leher 2, artinya pusat pendarahannya di cervical 1 dan cervical 2 sebelah kiri di mana di situ ada pembuluh darah arteri vertevalis,” sambungnya.

Selain itu, ditemukan juga resapan darah pada otot dada sebelah kanan mulai tulang selangka sampai tulang iga ke 7 dari depan dan samping. “Jadi dari hasil autopsi tersebut adanya resapan darah ini tanda-tanda ada perdarahan di sana yang cukup luas, ini temuan ya,” katanya.

Hanya saja, lanjut Musyafak, lantaran jasad korban sudah terkubur selama 5 bulan lebih, penyebab kematian tidak bisa diketahui secara jelas. Tetapi, dia menyebut adanya dua kemungkinan besar penyebab kematian korban.

“Jadi kemungkinan besar, ini masih kemungkinan, karena korban sudah 5 bulan dikubur, penyebab kematian ini ada beberapa kemungkinan. Yang pertama akibat dari adanya pendarahan tersebut itu merangsang baru reseptor, yaitu titik saraf yang ada di kanan-kiri leher yang mana baru reseptor tersebut fungsinya mengontrol tekanan darah. Karena tertekan, terangsang dan sebagainya menurunkan atau terjadinya hipotensi ini juga sedikit relevan karena sebelum meninggal diawali koma,” paparnya.

“(Kemungkinan) yang kedua pendarahan itu menekan batang otak sehingga menyebabkan sebelumnya koma. Adanya pendarahan yang terjadi di batang dasar tengkorak atau cervical atau tulang leher bagian atas,” sambungnya.

Sementara itu, ahli forensik AKBP Wahyu mengatakan, proses autopsi sangat diperlukan untuk mengetahui penyebab kematian seseorang yang diduga mati tidak wajar.

“Tanpa autopsi tidak bisa diungkap seperti kasus ini, misalnya–bagaimana bisa menghubungkan antara praktek dari Chiropractic yang menyebabkan kematian Allya tanpa diperiksa Allyanya–karena itu kasus ini agak lama karena izin itu,” kata Wahyu.

Wahyu menambahkan, autopsi itu meliputi seluruh bagian organ. “Kita kalau ada kelainan di leher maka tidak hanya leher yang diperiksa, baik jenazah yang segar maupun yang sudah lama, tapi dari kepala sampai kaki sehingga kita menjawab suatu visum lengkap,” tutup Wahyu.

Sumber: detik

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Health dan tag , , , , , , , , , . Tandai permalink.

13 Balasan ke Kasus Chiropractic; Ini Dugaan Penyebab Kematian Allya

  1. Ping balik: Rekaman Diduga Suara Para Saksi Kematian Wayan Mirna Salihin Beredar di Dunia Maya | Sing Indo

  2. Ping balik: KPK Tangkap Tangan Legislator PDIP Damayanti Wisnu Putranti | Sing Indo

  3. Ping balik: Gerhana Matahari Total Lintasi 11 Provinsi di Indonesia Menjadi Sorotan Dunia | Sing Indo

  4. Ping balik: Suami Angel Karamoy Angkat Bicara Terkait Foto Mesra Bareng Pasha Ungu: Teman Kok Ciuman | Sing Indo

  5. Ping balik: Ledakan Kembali Mengguncang Indonesia, Kali Ini Jakarta yang Menjadi Target | Sing Indo

  6. Ping balik: Ada Ledakan Di Depan Sarinah | Sing Indo

  7. Ping balik: VIDEO: Siapa Pria Berbaju Putih Yang Menembaki Polisi Di Sarinah Ini? | Sing Indo

  8. Ping balik: Presiden: Apapun Motifnya, Kita Kutuk Perbuatan Teror! | Sing Indo

  9. Ping balik: [Video] Detik-detik Ledakan Bom Sarinah | Sing Indo

  10. Ping balik: Divisi Humas Polri: Situasi Terkendali, Pelaku 7 Orang, 3 Tertembak Mati dan 4 Dilumpuhkan dan Ditangkap | Sing Indo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s