Eks Gafatar Menolak Dipulangkan. Akankah kembali lagi?

Eks Gafatar Menolak Dipulangkan. Akankah kembali lagi?

Upaya pemerintah untuk melakukan evakuasi eks anggota Gafatar ke daerah kelahiran masing-masing mendapatkan penentangan.

Dengan berapi-api salah seorang eks anggota Gafatar berargumen bahwa mereka sukarela membangun daerah baru dengan landasan pertanian. Mereka menolak untuk dipulangkan.

“Disana kami mau jadi apa? Kami di deportasi di negeri kami sendiri. Kenapa kegiatan bertani di kait-kaitkan dengan agama?” ujar seorang warga ek Mes Gafatar, asal Jakarta yang bertahan di tenda mereka.

Anak-anak dan perempuan menangis lantaran suara-suara tinggi antara aparat dan orangtua mereka.

Sementara di tenda belakang, warga eks Gafatar memilih berdiam diri di tenda, menanti keputusan Tim Teknis evakuasi warga eks Gafatar.

“Warga  di sini sudah Satu pemikiran, buat apa kami kembali ke daerah asal. Kami sudah bertekad untuk memulai hidup baru dengan bertani,” kata Salahuddin (23), yang mengaku mahasiswa IKJ.

Dia merasa pemberitaan media mayoritas menyudutkan warga eks Gafatar. Media, kata dia, cenderung hanya membuat berita-berita untuk mengundang oplah semata. Selama berada di permukiman sementara di Bekangdam XII Tanjungpura, Pontianak, Salahuddin mengatakan dia selalu mengikuti jalannya pemberitaan mengenai Gafatar.

Salahuddin bahkan mengungkapkan, bahwa orang-orang yang tergabung dalam Gafatar bukan orang sembarangan. Masyarakat, kata dia, hanya menilai dari penampilan luar saja. Teman-temannya adalah orang terpelajar di bidangnya.

“Kami membangun negara dari pondasi, melalui ketahanan pangan. Urusan perut kelar, yang lain pasti mengikuti,” tambahnya.

Salahuddin mengutip bunyi pembukaan UUD 45, dimana ‘perjuangan kemerdekaan negara Indonesia telah sanpailah ke depan pintu gerbang kemerdekaan negara Republik Indonesia’.

“Jadi bangsa ini baru berada di depan pintu gerbang kemerdekaan, belum Merdeka,” tukasnya.

Pernyataan Salahuddin yang berapi-api mengundang rekan-rekannya yang lain mendekati pewarta yang mewawancarainya. Beberapa orang bahkan memberi isyarat agar dia menghentikan komunikasi, namun Salahuddin berkeras menyatakan masyarakat luas hari mengetahui hal yang sebenarnya.

Tak berapa lama, dari tenda tenda terdengar suara nyanyian. Ternyata mereka menyanyikan Indonesia Raya. Lirik Indonesia Raya ternyata memberikan makna tersendiri bagi mereka.

“Dalam lagu tersebut, terdapat lirik Bangun lah jiwa dan raganya. Artinya, jiwa harus dibentuk terlebih dahulu,” ujarnya.

Tak betapa lama, camp penampungan yang berada di belakang Bekangdam XII Tanjungpura pun dipulangkan sesuai daerah asalnya. Ribuan orang mengantre kendaraan untuk diangkut ke Bandara Supadio Pontianak. Beberapa warga eks Gafatar, terutama yang masih anak-anak, tampak tak kuasa menahan kantuk. Hujan deras mengguyur Kota Pontianak sepanjang evakuasi berjalan. Sabtu, akan dilanjutkan evakuasi warga eks Gafatar dari Kabupaten Ketapang, Kayong Utara, dan Melawi. Seperti diberitakan Tempo.co.

Top Posts:

Iklan

Tentang menoridgecamp

aka Mas Hidayat
Pos ini dipublikasikan di Peristiwa dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Eks Gafatar Menolak Dipulangkan. Akankah kembali lagi?

  1. Ping balik: Mantan Menbudpar Jero Wacik Dituntut 9 Tahun Penjara | Sing Indo

  2. Ping balik: Kapolri Akui Ada Mantan Anggotanya Terlibat Jaringan Radikal ISIS | Sing Indo

  3. Ping balik: Ditanya Syaikh Bin Baz Ulama Besar Wahabi, Kiyai NU Tak Bisa Menjawab Dan Hanya Tertawa | Sing Indo

  4. Ping balik: Fix! Golkar Kubu ARB Dukung Jokowi | Sing Indo

  5. Ping balik: Video Perang Melawan Narkoba | Sing Indo

  6. Ping balik: Dianggap Cerminan Sifat Gus Dur yang Berani dan Tegas, Ahok Raih Penghargaan Gus Dur Award 2016 | Sing Indo

  7. Ping balik: Ketua PBNU: Buang Saja Jenazah Teroris Ke Laut! | Sing Indo

  8. Ping balik: Dibalik Bubarnya Bukan Empat Mata | Sing Indo

  9. Ping balik: Wow, Ternyata Nabilah JKT48 Adalah Seorang Metalhead! | Sing Indo

  10. Ping balik: Alat Bukti Sudah Kuat, Misteri Kasus Kematian Mirna Segera Terungkap | Sing Indo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s