Zika Virus | Gejala, Diagnosa dan Pengobatan

Zika Virus Gejala, Diagnosa dan Pengobatan

Selamat siang Mas bro dan Mbak sis…

Beberapa hari terakhir ramai diperbincangkan di media massa mengenai virus zika. Di Indonesia mungkin tidak terlalu heboh karena masih banyaknya issue domestik yang lebih banyak menyedot perhatian dari pada menayangkan informasi mengenai virus ini.

Tapi tidak dengan di luar negeri. Kita ambil contoh yang dekat saja. Di Singapore hampir setiap saat menayangkan berita mengenai virus zika ini.

Melihat begitu massive nya pemberitaan mengenai virus zika di luar negeri membuat Singindo ingin mencari tahu lebih banyak terkait virus tersebut.

Informasi yang Singindo dapat via id.wikipedia.org, Virus Zika merupakan sejenis virus dari keluarga flaviviridae dan genus flavivirus yang disebarkan oleh nyamuk Aedes. Virus ini dapat menyebabkan sakit yang ringan kepada manusia yang dikenal sebagai demam Zika atau penyakit Zika. Penyakit Zika sendiri mulai diketahui terjadi di daerah khatulistiwa Afrika dan Asia sejak 1950-an. Kesakitan tersebut adalah satu bentuk penyakit ringan dari demam dengue, dimana ia dirawat melalui istirahat dan tidak bisa dicegah melalui obat-obatan atau vaksin. Penyakit Zika memiliki kaitan dengan demam kuning dan virus Nil Barat yang dibawa oleh flavivirus bawaan artropoda yang lain.

Pada 2014, virus ini menyebar ke timur melintasi Samudra Pasifik ke Polinesia Perancis, kemudian ke Pulau Paskah dan pada tahun 2015, ia menyebar ke Amerika Tengah, Karibia, dan kini ia menyebar ke Amerika Selatan sebagai satu wabah besar.

Pada Januari 2016, Pusat Kontrol dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat mengeluarkan panduan perjalanan untuk negara-negara tejangkit wabah, termasuk panduan langkah pencegahan yang dipertingkatkan dan pertimbangan untuk menunda kehamilan bagi wanita. Badan-badan kesehatan dan pemerintah lain juga mengeluarkan peringatan yang serupa, sedangkan negara-negara seperti Kolombia, Ekuador, El Salvador, dan Jamaika, menasihati wanita untuk menunda kehamilan sehingga risiko tentang virus tersebut dapat lebih diketahui.

Gejala, Diagnosa dan Pengobatan

Ini yang penting… informasi ini Singindo dapat dari cdc.gov

Gejala

  • Gejala yang paling umum dari Zika adalah demam, ruam, nyeri sendi, atau konjungtivitis (mata merah). Gejala umum lainnya termasuk sakit otot dan sakit kepala. Masa inkubasi (waktu dari saat tertular sampai tanda-tanda gejala penyakit muncul) untuk penyakit virus Zika tidak diketahui, tetapi kemungkinan beberapa hari sampai seminggu.
  • Penyakit ini biasanya ringan dengan gejala yang berlangsung selama beberapa hari sampai satu minggu.
  • Virus Zika biasanya berada di dalam darah orang yang terinfeksi selama beberapa hari tetapi ditemukan juga kasus dimana virus tersebut berada di dalam darah orang yang terinfeksi lebih lama pada beberapa orang.
  • Rawat inap yang diakibatkan oleh virus ini jarang terjadi.
  • Kematian jarang terjadi.

Diagnosa

  • Gejala Zika adalah mirip dengan demam berdarah dan chikungunya, penyakit menyebar melalui nyamuk yang sama yang menularkan Zika.
  • Temui dokter Anda jika Anda merasakan gejala yang dijelaskan di atas dan telah mengunjungi daerah di mana Zika ditemukan.
  • Jika Anda baru saja melakukan perjalanan, Beritahu dokter Anda kapan dan ke mana Anda bepergian.
  • Dokter Anda mungkin meminta tes darah untuk mencari Zika atau virus serupa lainnya seperti demam berdarah dan chikungunya.

Pengobatan

  • Tidak ada vaksin atau obat yang tersedia untuk mencegah atau mengobati infeksi Zika.
  • Mengobati gejala:
    • Beristirahatlah yang banyak.
    • Minum cairan untuk mencegah dehidrasi.
    • Minum obat seperti asetaminofen untuk mengurangi demam dan rasa sakit.
    • Jangan minum aspirin dan non-steroid anti-inflammatory (NSAIDs), seperti ibuprofen dan naproxen. Aspirin dan NSAID harus dihindari sampai demam berdarah pulih untuk mengurangi risiko perdarahan (perdarahan). Jika Anda minum obat untuk kondisi medis lain, berbicara dengan dokter Anda sebelum mengambil obat tambahan.
  • Jika Anda terinfeksi Zika untuk minggu pertama sakit Anda.
    • Selama minggu pertama infeksi, virus Zika dapat ditemukan dalam darah dan berpindah dari orang yang terinfeksi ke nyamuk lain melalui gigitan nyamuk.
    • Nyamuk yang terinfeksi kemudian dapat menyebarkan virus ke orang lain.

Apakah Virus Zika Sudah Masuk Indonesia?

Sebagaimana diwartakan Muhaimin di laman international.sindonews.com yang menerangkan bahwa Virus Zika yang sepekan ini mewabah di benua Amerika kini sudah masuk wilayah Indonesia. Seorang pria di Jambi dinyatakan positif terinfeksi virus Zika.

Menurut The Eijkman Institute for Molecular Biology, menyatakan, pria berusia 27 tahun yang tinggal di Jambi, Sumatra, yang positif terinfeksi virus Zika belum pernah bepergian ke luar negeri.

Semula, pria itu diduga terkena penyakit demam berdarah. Namun, hasil uji medis menyatakan dia negatif demam berdarah. Setelah diteliti lebih lanjut, dia dinyatakan positif terinfeksi virus Zika.

“Dari 103 spesimen (dengue) yang kami periksa, kami menemukan satu positif (terinfeksi) virus Zika,” kata wakil direktur lembaga itu, Herawati Sudoyo, kepada AFP, Senin (1/2/2016).

Herawati mengatakan spesimen diambil selama demam berdarah mewabah di Jambi antara Desember 2014 dan April 2015. Tidak diketahui bagaimana dan kapan pria itu terjangkit virus Zika.

”Kami menyimpulkan bahwa virus telah menyebar di Indonesia untuk sementara waktu,” katanya.

Kementerian kesehatan Indonesia belum mengkonfirmasi laporan dari lembaga itu soal temuan virus Zika di Jambi. Virus yang sudah menjangkiti ribuan warga di Amerika Latin itu ditularkan oleh nyamuk Aedes Aegypti yang selama ini menyebarkan demam berdarah dan virus chikungunya.

Gejala virus Zika hampir sama dengan chikungunya, seperti flu demam ringan, sakit kepala hingga nyeri sendi. Namun, virus Zika menurut para ahli bisa berdampak pada kecacatan bayi jika virus itu menjangkiti ibu hamil.

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Health dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Zika Virus | Gejala, Diagnosa dan Pengobatan

  1. Ping balik: Akhir Klinik Pengobatan Kanker Dr Warsito, Sang Dokter Kanker yang Kontroversial | Sing Indo

  2. Ping balik: Dokumen Laporan Hasil Penyelidikan Diduga Milik KPK Bocor Ke Publik! | Sing Indo

  3. Ping balik: Waduh! Prabowo Bekingi “Mafia Rusun”, Ahok Murka! | Sing Indo

  4. Ping balik: Ayah Mirna vs Pengacara Jessica Head to Head di Indonesia Lawyers Club TV One | Sing Indo

  5. Ping balik: Yuk Ngopi Bareng Jessica. Kumpulan Meme | Sing Indo

  6. Ping balik: Isi WhatsApp Jessica Ke Mirna: ‘Mir, Mau Dong Dicium Sama Lo. Udah Lama Deh’ | Sing Indo

  7. Ping balik: Diduga Aniaya Model Cantik Vanesya Angelic, Seorang Pengusaha Ditahan | Sing Indo

  8. Ping balik: Terkait Dugaan Kasus Perdagangan Ginjal, Polisi Geledah RSCM | Sing Indo

  9. Ping balik: Humor Gus Dur Tentang Badan Intelijen; Cocok Banget Sama Banyu Biru! | Sing Indo

  10. Ping balik: Gerindra: KMP Sudah Bubar! | Sing Indo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s