Babak Baru Kasus Kopi Mirna. Jessica Ajukan Praperadilan ke PN Jakpus

Babak Baru Kasus Kopi Mirna. Jessica Ajukan Praperadilan ke PN Jakpus

Selamat siang Mas bro dan Mbak sis…

Kasus kopi Mirna kembali menghangat setelah beberapa hari belakangan ini tenggelam akibat kasus Kalijodo.

Kemarin (16/2/2016) pihak pengacara Jessica Kumala Wongso mengajukan gugatan praperadilan ke PN Jakpus.

Sebagaimana dilaporkan Taufik Ridwan dari antaranews.com, Tersangka dugaan pembunuhan terhadap Wayan Mirna Salihin alias Mirna, Jessica Kumala Wongso (27) menggugat praperadilan penyidik Polda Metro Jaya ke Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus).

“Iya kami sudah mengajukan gugatan praperadilan pada pekan kemarin,” kata pengacara Jessica Andi Joesoef di Jakarta, Selasa.

Andi menuturkan gugatan praperadilan itu secara normatif terkait prosedur penyidik kepolisian menetapkan tersangka terhadap Jessica.

Namun Andi enggan menjelaskan kesalahan prosedur penyidik kepolisian dalam menetapkan tersangka terhadap kliennya tersebut.

“Nanti saja ikuti di persidangannya,” ujarnya.

Andi menyatakan pihaknya memiliki langkah pembelaan hukum untuk Jessica selama proses penyidikan yang dilakukan polisi sebelum berkas berita acara pemeriksaan (BAP) diserahkan ke kejaksaan.

Rencananya, sidang perdana praperadilan Jessica akan digelar PN Jakarta Pusat pada 23 Februari 2016.

Sementara itu, Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Mohammad Iqbal tidak mempermasalahkan langkah hukum yang diambil tim pengacara Jessica untuk mempraperadilankan polisi.

“Memang prosedur jalur hukumnya seperti itu karena haknya tersangka,” tutur Iqbal.

Iqbal menegaskan pihak Polda Metro Jaya siap menghadapi proses praperadilan terkait penetapan tersangka dan penyitaan barang bukti karena dianggap sesuai prosedur.

Respons Polisi Terkait Praperadilan yang Diajukan Pihak Jessica

Sebagaimana diwartakan Mei Amelia R lewat news.detik.com, Menurut Krishna praperadilan merupakan hal yang biasa terjadi. Praperadilan diatur dalam KUHAP dan sudah ada normanya di kepolisian.

Adapun materi praperadilan di antaranya penetapan tersangka, penangkapan dan penahanan. Prosedur tersebut nantinya akan diuji kepatutan hukumnya.

“Semua nanti diperiksa persyaratan formil tersebut. Nanti kami kan diuji apa yang dilakukan oleh penyidik ini sudah sesuai prosedur atau tidak,” imbuh Krishna.

Ia mengatakan, pihaknya akan mempersiapkan tim hukum dari Polda Metro Jaya yang dikoordinatori oleh Kepala Bidang Hukum.

“Nanti kita lihat sidangnya saja kita pertanggungjawabkan secara yuridis formil. Kalau materiil nanti kita lihat di sidang (dakwaan),” ungkapnya.

Saat ditanya apakah pihaknya yakin akan memenangkan praperadilan tersebut, Krihsna enggan berspekulasi. Yang pasti menurutnya, penyidik sudah memenuhi persyaratan formil dalam proses penyidikan tersebut.

“Ya kan misalnya apa gugatannya? Penetapan tersangka? Penetapan tersangka kan ada ketentuannya minimal dua alat bukti dan kami sudah penuhi syarat formil nah itu kami sampaikan di praperadilan,” jelasnya.

Sementara ditanya soal penggeledahan di rumah Jessica pada saat masih berstatus sebagai saksi, Krishna mengatakan penggeledahan tersebut cukup dengan surat perintah penggeledahan dari kepolisian saja. Untuk diketahui, tim pengacara Jessica sempat memepertanyakan surat penetapan dari pengadilan saat tim penyidik Subdit Jatanras Ditreskrimum Polda Metro Jaya pertama kali melakukan penggeledahan.

“Penggeledahan dalam kondisi tertentu surat perintah penggeledahan sudah cukup, tapi setelah itu harus segera buat penetapan pengadilan, itu semua ada. Itu kan kalau barang-barang yang dikhawatirkan hilang harus segera dilakukan penggeledahan, itu tidak masalah,” tutupnya.

Sebelumnya, tim kuasa hukum Jessica, Andi Joesoef mengatakan pihaknya telah mengajukan gugatan praperadilan dengan tergugat Polda Metro Jaya ke PN Jakpus pekan lalu. Sidang praperadilan perdana akan digelar tanggal 23 Februari 2016 nanti.

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Kriminal dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

24 Balasan ke Babak Baru Kasus Kopi Mirna. Jessica Ajukan Praperadilan ke PN Jakpus

  1. lamik gemini berkata:

    padahal mereka sahabat..

    Suka

  2. gilaroda2ga berkata:

    Paling kanan siapa ya namanya?

    Suka

  3. Ping balik: VIDEO: Berusaha Membubarkan Kegiatan Majelis Taklim Aswaja, Seorang Wahabi Nyaris Babak Belur | singindo

  4. Ping balik: Ahok Yang Mau Gusur, Kok Farhat Abbas Yang Kunjungi Kalijodo? | singindo

  5. Ping balik: Arti Tulisan Satrio Piningit di Uang Lima Ribuan | singindo

  6. Ping balik: Tak Banyak Yang Tahu… Sophia Latjuba Pamer Buku Nikah Dengan Lelaki Berawalan Huruf “A” | singindo

  7. Ping balik: Setengah Tua Aja Cantiknya Seperti Ini, Bagaimana Mudanya? | singindo

  8. Ping balik: Bagaimana Hukum Agama Dalam Memandang “Blowjobs”? | singindo

  9. Ping balik: Pasang Foto Bersama Penulis Buku “Jakarta Undercover”, Nikita Mirzani Akan Menikah Dengan Moamar Emka? | singindo

  10. Ping balik: Sebut Alexis Tak Ada Prostitusi, Kepala Dinas Pariwisata DKI Disemprot Ahok | singindo

  11. Ping balik: REZEKI | singindo

  12. Ping balik: Bom Mobil Serang Konvoi Kendaraan Militer Turki, 28 Orang Tewas. Adakah WNI yang Menjadi Korban? | singindo

  13. Ping balik: เพื่อนรักหักเหลี่ยมโหด !! คลิปนาทีสยอง วงจรปิดมัดตัวสาวใจเหี้ยม เนียนใส่ยาพิษในแก้วกาแฟฆ่

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s