Iklan
jump to navigation

Berbagi Yuk Februari 26, 2016

Posted by Putry Hargis Zahra in Religi.
trackback

Berbagi Yuk

🌸 BERSEDEKAHLAH

Keluarga Nabi Yakub as yang ditimpakan Musibah karena seorang Pengemis di hari Jum’at

💖 Suatu hari seorang pengemis datang kepada Rasulullah Saww lalu salah seorang Sahabat berkata :

”Wahai Rasulullah, apa engkau tidak takut pengemis itu berdusta kepadamu?”

Rasulullah Saw menjawab :

“Apa kau tidak takut jika pengemis itu tidak berdusta?”

Abu Hamzah Ats-Tsumali suatu ketika shalat subuh di Madinah pada hari Jumat bersama Imam Ali Zainal Abidin. Ketika selesai, Imam langsung bangkit dan menuju ke rumahnya. Abu Hamzah mengikutinya hingga sampai rumah. Sampai di rumah, Imam memanggil budak perempuannya yang bernama Sakinah sambil berkata :

“Jangan sampai ada seorang peminta yang melewati pintu rumahku melainkan engkau memberinya makan, karena hari ini adalah hari Jumat.”

Imam Ali Zainal Abidin as meneruskan :

“Aku khawatir di antara para peminta tersebut ada yang memang laik untuk diberi, namun aku tidak memberinya dan menolaknya. Maka ditimpakanlah kepada kami, Ahlul Bait, sesuatu yang sebelumnya ditimpakan kepada Nabi Yaqub dan keluarganya.”

Dulu, setiap hari Jumat Nabi Yaqub selalu menyembelih kambing dan bersedekah dengannya. Ia dan keluarganya juga makan daging itu. Suatu kali tukang minta-minta yang lagi puasa dan patut untuk diberi datang ke rumah Nabi Yaqub.

Pada saat itu keluarga Nabi Yaqub mendengar seruan pengemis tapi mereka tidak mengetahui hak pengemis yang mestinya dikasih. Mereka tidak percaya dengan ucapan itu. Pengemis itu kecewa dan melewati malam dengan lapar dan mengadu kepada Allah. Sementara Nabi Yaqub dan keluarga melewati malam dengan kenyang.

Menjelang subuh, Allah mewahyukan kepada Nabi Yaqub :

“Wahai Yaqub, engkau telah merendahkan dan menghina hamba-Ku… Wahai Yaqub, sesungguhnya nabi-Ku yang paling Aku cinta dan paling mulia adalah yang mengasihi hamba-hambaku yang miskin serta berusaha menjalin kedekatan dengan mereka… Tidakkah engkau kasihan kepada hamba-Ku…? Demi keagungan-Ku sungguh akan Aku timpakan kepadamu bencana dari sisi-Ku dan Aku jadikan engkau dan keluargamu menanggung musibah.”

Kemudian Abu Hamzah bertanya :

“Semoga aku menjadi tebusan Anda, kapankah Yusuf bermimpi?”

Imam Ali zainal abidin menjawab :

“Demi Allah, pada malam itulah Yusuf bermimpi, di malam ketika Yaqub dan keluarganya melewati malamnya dengan perut kenyang namun pengemis itu kelaparan.”

Mimpi Nabi Yusuf as itulah yang menjadi awal kisah dan awal musibah bagi keluarga besar Nabi Yaqub, yang disebabkan menolak permintaan seseorang.

Berbagi Yuk

Imam Ali bin Abi Thalib as pernah berkata :

“Aku tidak pernah melihat adanya kenikmatan yang berlimpah ruah, kecuali di sana ada hak yang terabaikan. Tiap kenikmatan yang dirasakan orang kaya adalah kelaparan yang diderita orang miskin.”

🌻 Renungan diri :

“Ya Allah, ampunilah aku… Sudah berapa banyak orang yang aku tolak permintaannya…”

Top Posts:

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: