Mungkinkah Peh Cun Dihidupkan Lagi di Kalijodo?

Selamat malam Mas bro dan Mbak sis…

Kalijodo kini sudah rata dengan tanah. Perataan Kalijodo tak bisa dilepaskan dari kecelakaan maut 8 Februari 2016 yang menjadikan pengemudi Fortuner, Riki Agung Prasetio, sebagai tersangka. Hingga saat ini Riki masih meringkuk di balik sel tahanan.

Mungkinkah Peh Cun Dihidupkan Lagi di Kalijodo 3

Sebagaimana dituliskan Edward Febriyatri Kusuma via news.detik.com, Riki meminta dirinya tidak dikaitkan dengan penertiban Kalijodo.

“Jangan kaitkan kasus saya dengan Kalijodo, semua itu balik lagi ke manusianya. Kalau tempat itu diratakan nggak ada jaminan masyarakat sekitar itu tidak buat kafe di tempat lain,” ujar Riki saat ditemui detikcom di ruang tahanan Satlantas Samsat Jakarta Barat, Jl Daan Mogot, Senin (29/2/2016).

Riki menegaskan, meski Kalijodo diratakan tidak otomatis membuat dunia prostitusi lenyap dari Jakarta. Menurut mahasiswa berusia 24 tahun ini, penertiban Kalijodo tidak akan berarti bila tidak berbarengan dengan perbaikan moral manusia.

“Masih banyak tempat kayak gitu itu, cuma nggak kelihatan. Mau semuanya diratain tapi manusianya enggak diperbaiki (moralnya), saya yakin bakal ada tempat kaya gitu terus,” ucapnya.

Riki saat ditemui mengenakan kaos dan celana pendek. Dia mengaku stres menjalani masa tahanan di sel berukuran 3×3 meter ini. Dia sama sekali tidak mau bicara soal kecelakaan maut 8 Februari.Riki lebih mengeluarkan nasihat-nasihat supaya kejadian yang menimpa dirinya tak terulang lagi.

“Ya, semoga tidak lagi ada kejadian kayak gitu. Sekali lagi saya bilang kasus saya musibah dan jangan kaitkan dengan Kalijodo dengan saya,” ujarnya.

Pada Senin 8 Februari, Riki tak bisa menyembunyikan penyesalannya karena telah mengakibatkan 4 orang tewas. Riki sangat menyesal karena telah mendatangi sebuah kafe di Kalijodo. Menurutnya, semua petaka yang membuat mobil Toyota Fortuner yang dikendarainya terlibat kecelakaan maut berawal dari pertemuan di Kalijodo.

“Nyeselnya kenapa harus ke Kalijodo, awal mula petaka di sana semua,” kata Riki kala itu.

Riki mengaku, Minggu (7/2) malam merupakan kali pertama dia mendatangi Kalijodo yang dulu sangat terkenal sebagai lokalisasi besar di Jakarta. Dia datang ke Kalijodo karena ajakan teman-temannya. Di Kalijodo, Riki bersama teman-temannya sempat minum bir didampingi beberapa pemandu lagu. Setelah itu mereka pergi ke Tangerang dengan naik Fortuner yang dikemudikan Riki. Tiba Jl Daan Mogot, Kalideres, kecelakaan hebat terjadi. Riki menabrak motor yang menewaskan dua orang. Dua penumpang di mobilnya juga tewas.

Kecelakaan maut ini justru mengingatkan Gubernur Ahok untuk menertibkan Kalijodo seperti yang dia rencanakan sejak 2014.

“Fortuner hanya buat aku ingat saja begitu lho,” kata Ahok di Balai Kota, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta, Kamis (18/2/2016).

Tak menunggu lama, red district Kalijodo hari ini tinggal sejarah.

Mungkinkah Peh Cun Dihidupkan Lagi di Kalijodo 2

Mungkinkah Peh Cun Dihidupkan Lagi?

Penertiban kawasan hiburan malam Kalijodo kembali ke fungsi awalnya sebagai ruang terbuka hijau, tengah gencar dilakukan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Hal ini disambut baik oleh budayawan Betawi, Ridwan Saidi.

Sebagaimana di laporkan Ririn Indriani dan Firsta Nodia di situs suara.com,Β Ridwan Saidi menilai penertiban kawasan hiburan Kalijodo bisa menjadi peluang untuk menghidupkan tradisi Peh Cun, lomba mendayung perahu yang telah lama tenggelam.

“Sangat mungkin. Peh Cun kan tradisi yang sempat dihentikan di kawasan tersebut, namun bukan tidak mungkin dihidupkan kembali sehingga stigma negatif mengenai Kalijodo bisa diubah ke hal yang positif,” ujar Ridwan Saidi pada Suara.com, beberapa waktu lalu.

Ia mengatakan bahwa pada 1950 merupakan masa-masa keemasan Kalijodo yang dulu bernama Kali Angke karena menjadi pusat perayaan tradisi masyarakat Tionghoa, Peh Cun.

Tradisi ini menjadi magnet tersendiri karena kerap digunakan sebagai ajang pencarian jodoh muda-mudi pada pesta air yang menggunakan perahu sebagai mediatornya.

Festival Peh Cun bagi masyarakat keturunan Tionghoa di Tanjungpinang dengan melaksanakan lomba perahu naga dan mendoakan untuk keselamatan di laut yang memberi rezeki bagi mereka

Agar dapat menertibkan kawasan Kalijodo, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menurut Ridwan harus menggandeng semua pihak dan stakeholder terkait. Hal ini berkaca dari upaya yang dilakukan pemimpin sebelumnya yang belum berhasil membenahi kawasan tersebut.

“Jadi, kalau berjudi dan prostitusi dilarang di kawasan tersebut ya harus dilakukan dengan tegas. Pemprov juga bisa koordinasi dengan TNI dan Polri untuk mengawal aturan ini. Yang jelas jangan lupa untuk menggandeng stakeholder terkait dan masyarakat setempat,” pungkasnya.

Bukan tak mungkin tradisi itu dihidupkan lagi untuk mengubah stigma yang sebelumnya negatif menjadi positif.

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Peristiwa dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

17 Balasan ke Mungkinkah Peh Cun Dihidupkan Lagi di Kalijodo?

  1. yht2506 berkata:

    Ooh…peh cun toooh…kirain pekcun πŸ˜›

    Suka

  2. adminjomblo berkata:

    iya, awalnya kirain pecun, hehe

    Suka

  3. Ping balik: Tulis Kalimat Bernuansa SARA, Akun Facebook Anton Wijaya Dikecam Netizen | singindo

  4. Ping balik: VIDEO: Netizen Cantik Bernama Nunik Ambarwati Goyang ‘Geboy Mujair’ Sambil Menyetrika Hebohkan Jagad Maya | singindo

  5. lamik gemini berkata:

    saya pun gagal fokus.. kirain pek-cun reborn.. hhee

    Suka

  6. Ping balik: Kumpulan Meme Lucu Ridwan Kamil | singindo

  7. imotorium berkata:

    asal muasal kata pecun ya rupanya XD

    Suka

  8. Ping balik: Wajahnya Nongol Di Papan LED, Ahok Murka | singindo

  9. Ping balik: Pesta ABG Mengarah Ke LGBT Hebohkan Bandung | singindo

  10. Ping balik: SBY Dukung Yusril Kalahkan Ahok | singindo

  11. Ping balik: Gugatan Praperadilan Jessica Ditolak. Kasus Kopi Mirna Akan Dilanjutkan | singindo

  12. Ping balik: Dipolisikan, Abu Aqila Terancam Penjara 6 Tahun Dan Denda 1 Miliar | singindo

  13. Ping balik: Beginilah Antrian Martabak Markobar Milik Anak Presiden Jokowi Di Cikini Jakarta | singindo

  14. Ping balik: BMKG Revisi Data Gempa Mentawai: Kekuatan 7,8 SR | singindo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s