Inilah Kandidat Terkuat Pengganti Badrodin Haiti Sebagai Kapolri

Inilah Kandidat Terkuat Pengganti Badrodin Haiti Sebagai Kapolri

Menjelang berakhirnya masa dinas Kapolri Jenderal Pol Drs. Badrodin Haiti, saat ini mulai santer nama nama jenderal polisi yang memiliki peluang untuk menggantikannya sebagai Kapolri. Badrodin Haiti sendiri akan pensiun dari dinas kepolisian pada Juli 2016 mendatang.

Dari sederet jenderal polisi aktif yang paling berpeluang setidaknya yang memiliki tiga bintang di pundaknya yaitu: Budi Gunawan, Budi Waseso, Dwi Priyanto, Putut Eko Bayuseno, Syafruddin, Suhardi Alius dan Tito Karnavian yang akan dilantik pada hari ini sebagai Kepala BNPT (Badan Nasional Penanggulangan Terorisme). Siapa yang paling berpeluan diantara ketujuh jenderal itu?

Singindo Media Research & Development Unit (Si_Merdu) pada hari ini 16 Maret 2016 melakukan telaah dan analisis mengenai siapa yang paling berpeluang menggantikan Badrodin Haiti sebagai Kapolri.

Jika dilihat dari senioritas maka Dwi Priyatno adalah yang “paling senior”. Dwi adalah alumnus Akpol 1982 dan lahir di Purbalingga Jawa Tengah pada 12 November 1959. Dwi baru akan memasuki masa pensiun pada November 2017. Saat ini Dwi menjabat sebagai Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri.

Budi Gunawan lahir di Solo Jawa Tengah 11 Desember 1959. Alumnus Akpol 1983 ini juga tergolong senior. Budi memulai dan banyak menghabiskan masa kerjanya di lingkungan Brimob (Brigade Mobile). Bisa dikatakan Budi adalah satu satunya perwira yang pernah menjadi ajudan Wakil Presiden RI dan Presiden RI pada periode 1999 hingga 2004. Saat ini Budi Gunawan menjabat sebagai Wakil Kepala Polri (Wakapolri).

Selanjutnya ada nama Budi Waseso. Jenderal kelahiran Pati Jawa Tengah 19 Februari 1961 ini namanya populer setelah dengan berani menguak banyak kasus besar semasa menjabat sebagai Kepala Badan Reserse Kriminal (Kabareskrim) Polri. Sama seperti Budi Gunawan, Budi Waseso juga banyak menghabiskan masa kerjanya di lingkungan Brigade Mobile (Brimob). Saat ini alumnus Akpol 1983 ini menjabat sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN).

Ada pula nama Putut Bayu Eko. Jenderal yang pernah menjadi Kapolda Jabar dan Kapolda Metro Jaya ini lahir di Tulungagung Jawa Timur pada 28 Mei 1961. Saat ini Putut menjabat sebagai Kepala Badan Pemeliharaan Keamanan (Kabaharkam) Polri.

Kandidat lainnya bernama Syafrudin. Komisaris Jenderal kelahiran Makassar 14 April 1961 ini adalah alumnus Akpol 1985. Saat ini menjabat sebagai Kepala Lembaga Pendidikan & Latihan Kepolisian (Lemdikpol).

Selanjutnya ada pula nama Suhardi Alius. Pria kelahiran Jakarta 10 Mei 1962 ini adalah alumnus Akpol 1985, pernah menjabat sebagai Kabareskrim sebelum kemudian dimutasi dan menjabat sebagai Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Sestama Lemhanas).

Kandidat potensial terakhir adalah Tito Karnavian. Saat ini menjabat sebagai Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT). Pria kelahiran Palembang 26 Oktober 1964 ini alumnus Akpol 1987 dan baru akan masuk pensiun pada tahun 2022 mendatang.

Selain pertimbangan kepangkatan kandidat Kapolri biasanya juga dinilai usia pensiunnya. Jika usia pensiun masih terlampau lama pun bukan menjadi ukuran ideal dikarenakan jabatan Kapolri paling lama dijabat 2 tahun. Namun tidak ada aturan legal formal yang melarangnya, semua kembali ke hak prerogatif Presiden RI.

Jika dianalisis dari pengalaman, kepangkatan dan usia pensiun ideal dari ketujuh kandidat hanya Dwi Priyatno dan Budi Gunawan yang memiliki peluang tertinggi.

Dwi Priyatno memiliki karir yang baik dengan rekam jejak pendidikan yang baik pula. Dwi secara sempurna menuntaskan semua jenjang pendidikan dengan baik mulai Akpol. PTIK, Sespim, Sespati hingga Lemhanas pada tahun 2002.

Dwi juga pernah menjabat sebagai Senior Liaison Officer Polri di Kedutaan Besar RI di Kuala Lumpur Malaysia sebelum kemudian menjabat sebagai Dirlantas Polda Kalbar. Promosi bintang satunya didapat ketika menjabat sebagai Dir Sabhara Baharkam Polri tahun 2010.

Sebelum menjabat sebagai Irwasum Polri Dwi menjabat sebagai Kapolda Jateng (2013) dan Kapolda Metro Jaya (2014).

Budi Gunawan juga tidak kalah kinclong rekam jejaknya. Semua jenjang pendidikan dilaluinya dengan baik. Budi semasa menjadi perwira pertama dan menengah banyak menghabiskan masa kerjanya di lingkungan Brimob (Brigade Mobile) satuan elite Kepolisian Negara RI.

Promosi bintang satu didapat Budi pada tahun 2004 setelah menjabat sebagai Kepala Biro Pembinaan Karir SSDM Polri.

Budi juga pernah menjabat sebagai Kepala Divisi Profesi & Pengamanan (Kadiv Propam) Mabes Polri (2011), Kapolda Bali (2012), Kalemdiklat Polri (2015) sebelum kemudian menjadi Wakil Kapolri.

Siapakah yang akan menggantikan Badrodin Haiti? Dwi Priyatno kah? Budi Gunawan kah? Atau justru akan muncul “kuda hitam” di etape terakhir yang menyodok?

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Politik dan tag , , , , , , , , . Tandai permalink.

19 Balasan ke Inilah Kandidat Terkuat Pengganti Badrodin Haiti Sebagai Kapolri

  1. Mase berkata:

    Lho diganti

    Suka

  2. orong-orong berkata:

    waduh ane gak masuk nich

    Suka

  3. orong-orong berkata:

    wah ane kok gak masuk ya

    Suka

  4. lamik gemini berkata:

    jozz…semoga memberantas narkobahh..

    Suka

  5. Ping balik: Ledakan Terjadi di Kota Berlin yang Mengakibatkan Korban Tewas. KBRI Mengeluarkan Surat Edaran | singindo

  6. Ping balik: Catatan Najwa di Akhir Episode Pertaruhan Ahok | singindo

  7. Ping balik: Mengaku Khilaf Karena Jadikan Pancasila Lelucon, Zaskia Gotik Minta Maaf | singindo

  8. Ping balik: Pre Wedding di Air Terjun Berujung Maut… Sepasang Calon Pengantin Tewas | singindo

  9. johncase berkata:

    djoko mukti haryono bisa jadi lho, akpol 81 bentar lagi juga pensiun kayaknya

    Suka

  10. Ping balik: Saat Rio Haryanto Konferensi Pers Bersama Para Bintang F1 | singindo

  11. Ping balik: Breaking News! Global TV Resmi Mendapatkan Hak Siar F1 Australia 2016 | singindo

  12. Ping balik: Polisi Amankan Mahasiswa Gemar Remas Payudara | singindo

  13. Ping balik: Selama Menjadi Presiden, SBY Ciptakan 40 Lagu dan Lahirkan 5 Album | singindo

  14. Ping balik: Perceraian Cathy Sharon Terkait Prostitusi Online? | singindo

  15. Ping balik: Video Detik-Detik Jatuhnya Pesawat FlyDubai di Rusia yang Menewaskan Semua Kru dan Penumpang | singindo

  16. Anonim berkata:

    Lo, aku kok gak masuk kandidat. Yo sudahlah sabar.

    Suka

  17. Ping balik: Kapolri – PORTAL INDONESIA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s