Pesan Simbolik Jokowi Dari Hambalang Untuk KPK

Pesan Simbolik Jokowi Dari Hambalang Untuk KPK

Kehadiran Presiden Joko “Jokowi” Widodo di lokasi proyek Pusat Pendidikan Pelatihan dan Sekolah Olahraga Nasional (P3SON) di Hambalang Bogor pada Jumat 18 Maret 2016 laksana petir di siang hari bolong, khususnya bagi mantan presiden SBY yang pada saat yang sama tengah menggelar “road show” keliling Jawa yang konon diklaim untuk menangkap aspirasi rakyat.

Presiden Jokowi dianggap oleh banyak kalangan tengah membalas klaim sepihak SBY dengan cara yang sangat santun namun menghunjam telak ke ulu hati. Di setiap kegiatan “road show”nya SBY mengklaim keberhasilan kepempimpinannya selama 10 tahun bahkan tak jarang mengkritik pemerintahan saat ini. Hal itu cukup “dibalas” oleh Jokowi dengan hadir di bekas proyek adikarya SBY dan berdiri sejenak sambil gedek gedek.

Pesan Simbolik Jokowi Dari Hambalang Untuk KPK

Banyak pengamat maupun netizen mengapresiasi ungkapan simbolik serta gesture politik Jokowi dan menilai hal tersebut merupakan sebuah kecerdasan dalam berpolitik. Jokowi tengah memperagakan sebuah falsafah Jawa ; “Ngluruk Tanpo Bolo, Menang Tanpo Ngasorake” yang berarti “berjuang tanpa perlu membawa massa; menang dengan tanpa merendahkan atau mempermalukan pihak lawan.

Namun ada yang luput dari amatan banyak pihak apa sesungguhnya pesan utama yang hendak disampaikan Jokowi dalam kunjungannya ke Hambalang Bogor.

Pesan Simbolik Jokowi Dari Hambalang Untuk KPK

Dalam akun Facebook resminya Presiden Jokowi menuliskan: “Sedih melihat aset negara di proyek Hambalang cukup lama mangkrak. Alang-alang sudah tumbuh tinggi. Peralatan-peralatan gedung juga tergeletak begitu saja. Perlu segera dibereskan. Pemerintah akan ambil keputusan secepatnya. Karena apapun, ini sudah menghabiskan uang rakyat triliunan rupiah. Aset negara harus segera diselamatkan.”

Ada sebuah pesan tegas “perlu segera dibereskan”! Apanya yang dibereskan? Ini adalah bahasa simbolik ala Jokowi!

Salah satu penafsiran rasional dari pernyataan orang nomor satu di republik ini adalah “segera dibereskan” kasus hukum yang melilit Hambalang hingga membuatnya mangkrak dan terbengkalai. Ini sebuah pesan serius untuk Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Pesan Simbolik Jokowi Dari Hambalang Untuk KPK

Sudah menjadi rahasia umum di setiap sidang kasus korupsi Hambalang yang melibatkan banyak elite partai milik SBY nama Ibas sering disebut-sebut.

Proyek yang “sukses” menjebloskan Anas Urbaningrum, Nazarudin,  Andi Malarangeng dan Angelina Sondakh ke hotel prodeo diduga telah merugikan keuangan negara hingga 2,5 Triliun Rupiah!

Pesan Simbolik Jokowi Dari Hambalang Untuk KPK

Namun hingga saat ini Edi Baskoro alias Ibas putra SBY masih “lenggang kangkung” bahkan selalu setia menemani ayahandanya keliling pulau Jawa dalam rangka “road show”.

Saat ini “bola” sudah di tangan KPK. Kesaksian Nazarudin dan Angelina Sondakh terkait dugaan keterlibatan Ibas di Hambalang juga sudah terlalu sering disampaikan di depan majelis hakim. Mari kita dukung KPK menuntaskan persoalan hukum di Hambalang agar kebenaran dapat diungkap dan dikuak.

Becik ketitik, olo ketoro…., kebenaran akan terungkap—setidaknya itu tulisan di kaos yang tengah dipegang oleh ibunda Ibas ketika mampir ke salah satu toko pakaian di Kudus Jawa Tengah dua hari sebelum Jokowi sidak ke Hambalang. Nahhh…. 🙂

Pesan Simbolik Jokowi Dari Hambalang Untuk KPK

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Politik dan tag , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Pesan Simbolik Jokowi Dari Hambalang Untuk KPK

  1. utuhulese berkata:

    PERTAMAX diamankan 🙂

    Suka

  2. Ping balik: HATI YANG BERSIH | singindo

  3. Ping balik: Bu Risma, Pak SBY Nginjek-nginjek Rumput Tuh (Patut Diduga Melanggar PERDA Kota Surabaya Nomor 7 Tahun 2002) | singindo

  4. Ping balik: Inilah Lima Pemimpin Dunia Terkorup… Indonesia Nomor 1 | singindo

  5. Ping balik: Ada 14 Catatan Kriminal Jessica Selama di Australia… Ini Kata Mantan Kapolda Metro | singindo

  6. Ping balik: Sudah Tiga Kali Ganti Suami Tidak Ada yang Kuat! | singindo

  7. Ping balik: MAJNUN | singindo

  8. Ping balik: Ada Aksi Sweeping di Demo Angkutan Umum, Pengendara Sepeda Motor Dipukuli Sopir Taksi Hingga Bibir Pecah | singindo

  9. Ping balik: Video Ricuh Aksi Demo Taksi | singindo

  10. Ping balik: Himpunan yang Terserak dari Aksi Demo Ricuh Sopir Taksi | singindo

  11. Ping balik: Diduga Tampil Di TV Tanpa BH, Olla Ramelan Bikin Jakun Netizen Naik Turun | singindo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s