Penyanyi Prince Meninggal Dunia

Penyanyi Prince Meninggal Dunia

Dunia musik kembali kehilangan salah satu ikonnya. Penyanyi, pencipta lagu, aktor dan multi-instrumentalis Prince meninggal dunia pada usia 57 tahun di kediamannya di Chanhassen, Minnesota, Amerika Serikat, Kamis (21/4/2016) pagi waktu setempat. Berikut biografi singkat musisi peraih tujuh Grammy Awards ini, yang dirangkum dari berbagai sumber:

Prince lahir pada 7 Juni 1958 di Minneapolis, Minnesota, dengan nama lengkap Prince Rogers Nelson. Ayahnya adalah penyanyi jazz, penulis lirik dan pianis yakni John L. Nelson. Namun, hubungan yang tidak harmonis dengan sang Ayah menyebabkan Prince harus pergi dari rumah dan diadopsi oleh keluarga Anderson. Ia kemudian membuat band bernama Grand Cetral yang juga dianggotai putra Anderson, yaitu Andre Anderson dan Charles Smith.

Prince mengembangkan minat musiknya sejak usia dini, dan menulis lagu pertamanya saat usia tujuh tahun. Saat berusia 19 tahun, ia merilis album debutnya yang berjudul For You di bawah bimbingan manajer Owen Husney. Tahun 1979, album Prince meraih platinum atas keberhasilan dua lagu Why You Wanna Treat Me So Bad? dan I Wanna Be Your Lover. Tiga rekaman selanjutnya, yakni album “Dirty Mind” (1980), “Controversy” (1981), and “1999” (1982) kembali menuai kesuksesan.

Begitu juga dengan album selanjutnya, “Purple Rain” tahun 1984 bersama band The Revolution. Di tahun yang sama, film berjudul Purple Rain yang dibintangi Prince sukses di bioskop-bioskop seluruh dunia dan memenangi Piala Oscar untuk kategori Best Original Song Score.

Setelah merilis album “Around the World in a Day” (1985) dan “Parade” (1986), band The Revolution bubar dan Prince merilis album “Sign o’ the Times” (1987) sebagai penyanyi solo. Ia sempat meluncurkan tiga album solo sebelum memulai debutnya dengan band New Power Generation pada tahun 1991.

Tahun 1993, di tengah perseteruannya dengan Warner Bros., ia mengubah nama panggungnya menjadi Love Symbol. Ia merilis lima rekaman antara 1994 dan 1996 sebelum penandatanganan dengan Arista Records pada tahun 1998. Dan pada tahun 2000 , ia mulai menyebut dirinya sebagai ‘Prince’ lagi. Dia merilis 15 album sejak saat itu , termasuk yang terbaru.

Prince berhasil menjual 100 juta kopi album di seluruh dunia, dan itu membuat dirinya menjadi salah satu artis terlaris sepanjang masa. Ia memenangkan tujuh Grammy Awards, Golden Globes, dan Academy Awards. Dia juga dinobatkan dalam Rock and Roll Hall of Fame tahun 2004. Dan Rolling Stone menempatkan Prince di nomor 27 pada daftar 100 Artis Terhebat Sepanjang Sejarah.

sumber: okezone

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di International dan tag . Tandai permalink.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s