Elektabilitas Ahok Merosot Pasca Diperiksa KPK

Elektabilitas Ahok Merosot Pasca Diperiksa KPK

Survei terkini dari lembaga survei kelompok diskusi dan kajian opini publik terhadap gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok menunjukan hasil yang mengagetkan. Elektabilitas Ahok pasca diperiksa KPK berdasarkan survei tersebut merosot tajam dibanding survei yang diadakan pada bulan Maret 2016.

“Pasca Ahok dipanggil KPK ada fluktuasi dalam elektabilitasnya,” kata Juru bicara Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia‎ atau Kedai Kopi, Hendri Satrio, Minggu 24 April 2016.

“Pada Maret elektabilitas Ahok meningkat tajam hingga 51,80 persen. “Pasca-pemanggilan oleh KPK elektabilitasnya melorot menjadi 45,5 persen,” ujar Hendri.

Hendri menuturkan 34,8 persen responden berpendapat bahwa Ahok tidak terlibat kasus pembelian Rumah Sakit Sumber Waras. Sementara itu, 36, 5 persen responden yakin Ahok tak terlibat dalam kasus suap reklamasi Teluk Jakarta.

Pasca pemanggilan Ahok oleh KPK, kata Hendri, sebanyak 34,5 persen responden menyatakan tetap memilih Ahok. Sementara 30 persennya, ragu-ragu.

“Sisanya 16,5 persen menyatakan tak akan memilih Ahok pada Pilgub mendatang,” imbuh Hendri.

Untuk elektabilitas, kata Hendri Satrio, Ahok masih menempati urutan‎ teratas dengan 45,5% jauh meninggalkan para pesaingnya. Namun begitu, elektabilitas Ahok masih belum aman karena masih di bawah 50% plus 1.

Ahok mesti berhati-hati karena tingkat kepuasan publik terhadap kinerjanya juga mengalami penurunan. Dibandingkan dengan Februari 2016 lalu, kepuasan publik terhadap kinerja petahana sedikit menurun dari 71,2% menjadi 68,5%.

“Ini berimbas pada ketidakpuasan yang sedikit meningkat dari 26,8% menjadi 28,5%,” demikian Hendri Satrio.

Survei tersebut digelar sejak 18-21 April dengan jumlah responden sebanyak 400 yang tersebar secara proporsional di 40 kelurahan di 5 Kota di DKI Jakarta. Responden adalah pemilih yang berusia 17 tahun ke atas atau sudah menikah. Survei diperoleh melalui wawancara tatap muka menggunakan kuesioner dengan sample panel dan tingkat kesalahan +/- 4,9 persen serta tingkat kepercayaan 95 persen.

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Politik dan tag , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Elektabilitas Ahok Merosot Pasca Diperiksa KPK

  1. alrisblog berkata:

    kasian juga ya

    Suka

  2. sebarkan.org berkata:

    Mesake bang ahok!!

    Suka

  3. muhisan berkata:

    Padahal keren ni pak ahok

    Suka

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s