Menyerah, Google Akhirnya Bayar Pajak Di Indonesia

Menyerah, Google Akhirnya Bayar Pajak Di Indonesia

Upaya mengejar Google Indonesia agar membayar pajak bakal segera berbuah. Direktorat Jenderal Pajak memastikan Google Indonesia berbentuk Badan Usaha Tetap (BUT) di Indonesia sehingga akan dikenai pajak perusahaan sebesar 25 persen.

Kepala Kanwil DJP Jakarta Khusus, setelah Muhammad Haniv mengatakan telah melakukan pertemuan intensif dengan Google Indonesia selama beberapa pekan terakhir. Haniv optimistis dapat menagihkan pajak ke Google Indonesia.

 “Saya sudah punya jurus untuk membuat mereka bertekuk lutut. Saya sudah punya datanya. Saya sudah punya caranya dan mereka tidak bisa lari lagi,” kata Haniv dikutip dari BBC Indonesia.

Haniv menambahkan regulasi yang akan dikeluarkan pemerintah menegaskan bahwa operasional Google Indonesia berbentuk BUT berlaku surut sehingga pajak tahun 2015 yang sedang diperiksa dapat dikenakan tarif pajak perusahaan normal.

“Jadi mereka kan menempatkan server di Indonesia, baik oleh dia maupun orang lain, itu Badan Usaha Tetap. Penegasan bentuknya dan ini juga berlaku surut ke belakang,” kata Haniv.

Ditjen Pajak memeriksa Google Indonesia karena dianggap tidak membayar pajak sesuai dengan pendapatan iklan mereka di Indonesia. Beberapa kali Ditjen Pajak menyambangi kantor Google Indonesia, namun perusahaan asal California Amerika serikat itu dikabarkan menolak diaudit.

Ditjen Pajak sudah meningkatkan status kasus Google ke pemeriksaan terhadap bukti permulaan, satu tahap akhir sebelum penyidikan. Berdasarkan Undang- Undang Nomor 28 Tahun 2007 tentang Undang-Undang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (KUP), DJP berhak memeriksa semua usaha di Indonesia. Dalam Pasal 39 disebutkan, menolak pemeriksaan diancam hukuman pidana.

Haniv mengatakan pendapatan iklan internet di Indonesia sebesar US$830 juta (Rp11 triliun) dan diperkirakan setengahnya berasal dari Google, sekitar Rp5 triliun.

Dengan asumsi margin 35 persen dari total pendapatan, maka laba kena pajak Google adalah sebesar Rp1,75 triliun. Dengan demikian perkiraan pajak perusahaan Google dapat mencapai Rp437,5 miliar.

Google Indonesia hanya membayar pendapatan iklan sebesar 4 persen dari pendapatan iklan di Indonesia, yang disebut sebagai fee atau bayaran kepada Google Indonesia sebagai kantor perwakilan Google yang berpusat di California tersebut.

PT Google Indonesia telah beroperasi sebagai perusahaan Indonesia sejak tahun 2011. Google Indonesia mengklaim telah bekerja sama dengan pemerintah dan membayar pajak.

“Kami telah dan akan terus bekerjasama dengan pemerintah Republik Indonesia dan telah dengan taat membayar semua pajak yang berlaku di Indonesia,” tulis Jason Tedjasukmana, Head of Corporate Communications Google Indonesia, melalui Antaranews.

Sumber: Yandi M/beritagar.

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Ekonomi dan tag , , , . Tandai permalink.

11 Balasan ke Menyerah, Google Akhirnya Bayar Pajak Di Indonesia

  1. sebarkan.org berkata:

    Akhirnya…sukses nih todong Google..

    Suka

  2. Ping balik: Breaking News: Jessica Dituntut Hukuman 20 Tahun Penjara | singindo

  3. Ping balik: 5 Hal Ini Paling Disesali Oleh Seseorang Pada Detik Detik Maut Menjemput | singindo

  4. Ping balik: Biaya Pajak Chevrolet Spin Wilayah Batam di Tahun Pertama | singindo

  5. Ping balik: Alasan Membeli GoPro HERO4 Session di Tahun 2016 | singindo

  6. Ping balik: Kisah Cinta Rey Utami: Kenalan di Tinder, Hari Kedua Dikasih Mobil, Hari Ketiga Dikasih Jam Tangan Harga 4 Miliar, Hari Keempat Dilamar, Hari Ketujuh Nikah! | singindo

  7. Ping balik: Lombok – Wisata Halal | singindo

  8. Ping balik: Berlibur di Nusa Dua | singindo

  9. Ping balik: Situs KPU Kembali di Hack | singindo

  10. Ping balik: Renault Kwid Resmi Meluncur di Indonesia dengan Harga Rp117 Juta | singindo

  11. Ping balik: Kebahagiaan Bayu Kumbara dan Jennifer Brocklehurst Semakin Lengkap dengan Kehadiran Si Buah Hati | singindo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s