Ini Rekayasa Lalu Lintas Malam Tahun Baru di Kota Batam Dan Kota Tanjung Pinang

ini-rekayasa-lalu-lintas-malam-tahun-baru-di-kota-batam-dan-kota-tanjung-pinang-3

Selamat malam Mas bro dan Mbak sis…

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Barelang telah mempersiapkan rute-rute untuk pengendara menghindari kemaceyan pada pesta perayaan pergantian tahun 2016-2017.

Selain itu, pihaknya juga telah mempersiapkan beberapa titik parkir kendaaraan di dekat lokasi yang diperkirakan menumpuknya masyarakat untuk merayakannya, yakni dataran Engku Putri.

Kasat Lantas Polresta Barelang, Kompol Andar Sibarani, mengatakan, pihaknya mulai mempersiapkan jalan yang akan dialihkan sejak pagi, mulai dari pemasangan garis polisi (police line) di u-turn dan sebagainya. Namun pelaksanaannya, akan dilakukan sejak pukul 15.00 WIB, Sabtu (31/12/2016).

“Nantinya kita akan fokus pada pengaturan lalu lintas dan akan diback up oleh Dirlantas Polda Kepri,” ungkap Andar, Kamis (29/12/2016) siang.

Dijelaskan Andar, pada malam pergantian tahun nanti, masyarakat awalnya akan berada di pinggir pantai yang langsung terlihat Singapura. Pasalnya, waktu tahun baru lebih cepat satu jam di Singapura.

“Biasanya kalau ada pesta kembang api di Singapura akan terlihat dari Batam. Karena itu masyarakat banyak berada di pinggir pantai sekitar pukul 23.00 WIB,” jelasnya.

Kemudian, titik kumpul masa akan beralih ke Dataran Engku Putri pada pukul 00.00 WIB. Namun menjelang waktu tersebut, masa akan memadati jalan raya untuk menuju lokasi.

“Sesuai informasi yang kita dapat, nantinya akan ada pesta kembang api di Dataran Engku Putri, sehingga masyarakat akan berkumpul disana. Kita juga sudah mempersiapkan beberapa lokasi untuk parkir kendaraan,” tambahnya.

Sementara pengaturan lalu lintas nantinya lanjut Andar, ada beberapa jalan yang dialihkan, yakni dari Ocarina harus lurus ke Bundaran BP Batam dan menuju ke Mega Mall. Kemudian kendaraan lurus ke Panasonic.

ini-rekayasa-lalu-lintas-malam-tahun-baru-di-kota-batam-dan-kota-tanjung-pinang

Sedangkan kendaraan dari Simpang Frengky menuju bundaran BP Batam, akan dialihkan Simpang Gelael dan kemudian belok ke arah Ocarina.

“Pada intinya, jalan yang mengarah ke Dataran Engku Putri akan disterilkan dari kendaraan, sehingga tidak terjadi kemacetan parah,” lanjutnya.

Selain itu, untuk rute kawasan Jembatan Barelang, akan dimaksimalkan pengaturan lalu lintas pada siangnya, setelah perayaan tahun baru pada malamnya.

“Untuk Barelang kebiasaan masyarakat memanfaatkan siang harinya untuk membawa keluarga berlibur. Jadi pengaturannya akan dimaksimalkan pada siangnya,” tambah Andar lagi.

Pengaman tersebut, pihaknya akan menutup akses mulai dari Jembatan 3 menuju ke tembesi pada pagi hingga siang. Hal itu dikarenakan arus akan padat dengan kendaraan masyarakat yang akan pergi berlibur.

Begitu juga sebaliknya. Arus dari Tembesi menuju Jembatan Barelang akan ditutup mulai pukul 15.00 hingga malamnya, dikarenakan padatnya kemdaraan yang balik dari arah Jembatan Barelang.

“Kepadatan itu terjadi karena masyarakat bepergian maupun pulangnya secara dengan waktu bersamaan. Yang jelas kita akan melakukan upaya maksimal untuk menghindari kemacetan,” pungkasnya.

Rekayasa Lalu Lintas Malam Tahun Baru di Kota Tanjung Pinang

ini-rekayasa-lalu-lintas-malam-tahun-baru-di-kota-batam-dan-kota-tanjung-pinang-2

Menyambut pergantian tahun 2016-2017, Satlantas Polres Tanjungpinang akan melakukan rekayasa arus lalulintas di malam pergantian tahun.

Rekayasa arus itu di kawasan Tepi Laut dan sejumlah titik lainnya untuk mengantisipasi terjadinya macet dan hal-hal yang tidak diinginkan.

AKP Bobby Muhammad Zulfikar, Kasat Lantas Polres Tanjungpinang mengatakan, saat ini pihaknya belum menerima laporan adanya acara di Tepi Laut, lapangan Pamedan Ahmad Yani dan sejumlah lokasi lainnya.

Namun, pihaknya sudah menyiapkan rekayasa jalan atau pengalihan arus lalu lintas jika di lokasi tersebut ada acara.

“Sekarang masih nunggu laporan, apakah ada Pemerintah Daerah (Pemda) bikin acara di Tepi Laut dan lokasi lainnya. Kami sudah siap untuk melakukan rekayasa jika memang diperlukan,” kata Bobby, Rabu (28/12/2016).

Menurutnya, jika memang ada kegiatan di Tepi Laut, pihaknya akan menutup jalan dari Simpang Pelabuhan Sri Bintan Pura (SBP) dan Simpang Anjung Cahaya serta simpang RRI lama.

Pengendara motor dan mobil pun tidak diperbolehkan masuk ke kawasan Tepi Laut. Kawasan itu hanya akan diperuntukkan untuk pejalan kaki.

“Yang dari simpang Pelabuhan dan simpang RRI lama, kami arahkan ke Jalan Merdeka. Simpang Anjung Cahaya naik kearah Rumah Sakit,” tutur Bobby.

Sedangkan untuk arus lalu lintas di Simpang Pamedan, pihaknya juga akan melakukan rekayasa dan melakukan pengalihan arus lalu lintas.

“Jadi pengendara yang dari arah Polres, tidak bisa berbelok ke kanan. Pengendara dialihkan ke Jalan Basuki Rahmat dan jalan Pemuda. Sedangkan yang dari jalan Pemuda dialihkan ke jalan Basuki Rahmat dan jalan Ahmad Yani,” ucap Bobby.

Untuk mengantisipasi kemacetan di malam pergantian itu, pihaknya akan menurunkan seluruh personel mengatur arus lalulintas di sejumlah titik.

Selain personel Satlantas yang berjumlah 55 orang, nantinya akan ada back up dari satuan lain, termasuk Polsek-polsek serta instansi terkait.

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Transportasi dan tag , . Tandai permalink.

10 Balasan ke Ini Rekayasa Lalu Lintas Malam Tahun Baru di Kota Batam Dan Kota Tanjung Pinang

  1. Ping balik: Presiden Joko Widodo Habiskan Malam Pergantian Tahun di Rumah | singindo

  2. Ping balik: Kado Polisi Untuk Keluarga Korban Pembunuhan di Pulomas, Pius Pane Berhasil Ditangkap di Medan | singindo

  3. Ping balik: Kaleidoskop Olahraga 2016 | singindo

  4. Ping balik: Empat Kesalahan Pemilik Mobil Yang Sebenarnya Bisa Mas Bro Hindari | singindo

  5. Ping balik: Front-Wheel Drive Shaft Chevrolet Spin Rusak? Ini Gejala Dan Biaya Perbaikannya | singindo

  6. Ping balik: Indomaret: Jika Ada Perbedaan Harga Maka Diberlakukan Harga Terendah | singindo

  7. Ping balik: Nakhoda KM. Zahro M. Nali Terancam Hukuman 10 Tahun Penjara | singindo

  8. Ping balik: Postingan Pertama Almiyanda Sapphira, Mantan Istri Ir Dodi Korban Pembunuhan di Pulomas | singindo

  9. Ping balik: Hepo Lada Hitam di Kopak Jaya, Enak Banget Bro! | singindo

  10. Ping balik: Achmad Kurniawan Meninggal Dunia | singindo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s