Lambatnya Koordinasi di Pihak Malaysia, Bendera Indonesia Terbalik, Juga Tercetak di Koran Malaysia

singindo.com – Kemarin (19/8/17) heboh di dunia maya terkait bendera Indonesia yang dicetak terbalik di buku panduan SEA Games 2017 yang berlangsung di Malaysia. Isu ini naik ke permukaan setelah Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Imam Nahrawi memposting buku panduan tersebut di akun Twitter pribadinya.

Buku panduan tersebut dibagikan ke pengunjung pada pembukaan SEA Games 2017 di Stadion Bukit Jalil, Sabtu (19/8/2017). Sejumlah pengunjung khususnya dari Indonesia yang mendapat buku tersebut terkejut karena Bendera Merah Putih dicetak terbalik sehingga menjadi warna bendera Polandia.

Atas kejadian tersebut panitia pelaksana SEA Games Kuala Lumpur 2017 mengeluarkan surat pernyataan resmi sekaligus permohonan maaf atas insiden kesalahan cetak bendera Indonesia.

Pada surat dari Sekertariat Kuala Lumpur 2017 (Kementerian Pemuda dan Olahraga) tersebut juga tertulis bahwa Khairy Jamaluddin akan menemui Menpora Indonesia, Imam Nahrawi.

Menpora Malaysia tersebut akan menemui Imam Nahrawi untuk meminta maaf atas kesalahan cetak bendera Indonesia pada majalah souvenir SEA Games 2017.

Sebelumnya, Khairy Jamaluddin sudah meminta maaf secara tidak langsung dengan membalas tulisan Twitter Imam Nahrawi tentang kekecewaannya dengan bendera Indonesia yang terbalik.

“Kesiapan ini adalah amat kesali dan kami percaya hubungan erat di antara dua negara akan lebih diperkukuh di bawah semangat Sukan SEA,” tulis kalimat penutup dalam surat pernyataan tersebut.

Sayangnya, Tak cuma di buku panduan SEA Games, gambar bendera Indonesia terbalik ternyata juga tercetak di koran Malaysia karena lambatnya koordinasi di pihak Malaysia. Hal itu tentunya sangat disesalkan.

“Sebagai negara tetangga, yang bersahabat tentunya harus dicek kenapa terjadi salah cetak. Karena salah cetak tersebut terjadi di buku panduan, kemudian juga ada koran di sana juga salah cetak terbalik warnanya bukan merah putih tapi putih merah,” kata Menkominfo Rudiantara di Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (20/8/2017).

Dari gambar yang beredar, bendera Indonesia tercetak terbalik di salah satu halaman surat kabar Malaysia. Bendera Indonesia tercetak putih-merah, bukan merah-putih di artikel berjudul ‘Mencari Jagoan’.

Rudiantara berharap ada pemintaan maaf khusus dari Malaysia soal kesalahan ini, bukan hanya lewat media sosial. Seperti diketahui, Menpora Malaysia sudah meminta maaf soal hal itu lewat Twitter.

“Itu harus segera diurus, walaupun pihak Malaysia sudah meminta maaf melalui surat terbuka, tapi ini tetap harus diselesaikan. Tidak bisa hanya selesai hanya dengan minta maaf yang terbuka, katakan lah disebarkan melalu media sosial,” ucapnya.

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di International dan tag , . Tandai permalink.

7 Balasan ke Lambatnya Koordinasi di Pihak Malaysia, Bendera Indonesia Terbalik, Juga Tercetak di Koran Malaysia

  1. Ping balik: New Ertiga Dominasi Penjualan SIS di GIIAS 2017 | singindo

  2. Ping balik: Jonru Ginting Dipolisikan atas Hate Speech di Social Media | singindo

  3. Ping balik: Ini Dia Bedanya Nasi Lemak Melayu dengan Nasi Uduk Betawi | singindo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s