Ini Dia Bedanya Nasi Lemak Melayu dengan Nasi Uduk Betawi

Jakarta – Awalnya masyarakat Betawi mengenal nasi uduk sebagai manu sarapan. Terbuat dari campuran beras yang diaron dengan berbagai bumbu seperti daun salam, daun jeruk, laos, serai dan santan. Sebagai menu sarapan, nasi uduk awalnya disajikan secara sederhana dengan lauk bihun goreng.

Windoro Adi wartawan yang juga penulis buku tentang Batavia dan budaya Betawi meyakini nasi uduk merupakan produk akulturasi dari budaya yang dibawa saudagar India Gujarat dan Tionghoa.

“Nasi uduk yang asli, Itu hanya nasi gurih dan bihun goreng lalu sambel. Jadi gak ada macam-macam. Makanya ketika muncul nasi uduk seperti khas Tanah Abang, nasi uduk Kebon Kacang, Itu sebetulnya sajiannya sudah beda dengan nasi uduk yang original. Dia (nasi uduk – red.) untuk makan siang atau bahkan untuk makan malam. Sehingga makanan penyertanya macam-macam. Tapi yang original untuk kepentingan sarapan itu hanya dua macam, Bihun dan nasi uduk. Bihun pun ini sudah bagian dari melting pot (akulturasi – red.) antara India Gujarat dan China. Bihun khan dari China.” kata Windoro Adi.

Nasi uduk muncul di kantong-kantong masyarakat Betawi yang merupakan peranakan saudagar Arab dan India. Karenanya, Nasi uduk banyak dikenal di daerah-daerah seperti Tanah Abang dan Gondangdia. Dugaan bahwa nasi uduk Betawi berasal dari tanah Melayu dianggap Windoro Adi tidak tepat karena terdapat perbedaan pada bumbu antara nasi gurih Melayu yang tersebar di Sumatera dan nasi uduk Betawi.

“Malaysia, Sumatera, Malaka, Riau itu memang mengenal nasi gurih, nasi uduk, nasi lemak namanya. Tetapi lihat bumbunya. Dia (nasi lemak – red.) bumbunya hanya pandan. Jadi santan kelapa dan pandan. Pandan itu bukan dari India. Jadi menjadi aneh kalau nasi uduk yang sudah sampai Jakarta dengan bumbu India disamakan dengan nasi lemak dari Malaka, Malaysia.” tutup Windoro Adi.

Kini nasi uduk Betawi tidak hanya disajikan sebagai menu sarapan. Nasi uduk Betawi juga dengan mudah ditemukan saat makan siang bahkan saat makan malam. Lauk yang mendampingi nasi berbumbu inipun semakin beragam yang semakin menggugah selera.

Sumber: CNN.

Top Posts:

Iklan
Pos ini dipublikasikan di Food dan tag , , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

8 Balasan ke Ini Dia Bedanya Nasi Lemak Melayu dengan Nasi Uduk Betawi

  1. Yusup Febriansah berkata:

    semuanya enak saya suka.. Hehe..

    Suka

  2. Ping balik: Satu Mobil Satu Garasi… Bisa Kok… Ini Contohnya! | singindo

  3. Ping balik: Jonru Ginting Naik Kelas Jadi Tersangka Ujaran Kebencian | singindo

  4. Ping balik: Sambut Hari Batik Nasional, Bike To Work Batam Kenakan Batik Keliling Kota | singindo

  5. Ping balik: Monaco Punya Monte Carlo, Singapore Punya Marina Bay, Batam Punya Nagoya! | singindo

  6. Ping balik: Berapa Harga Kompresor AC Chevrolet Spin? | singindo

  7. Ping balik: Tidak Puas Hanya Menjadi Orang Terkaya No 2 di China, Jack Ma Terlibat Adu Acting Bersama Jet Li | singindo

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s